Download RPP 1 Lembar SMA/SMK/MA Lengkap

0 1,510

WebkuliahDownload RPP 1 Lembar SMA/SMK/MA – Pada artikel ini, saya akan share RPP 1 lembar untuk SMA/SMK/MA Lengkap sesuai dengan surat edaran no 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran. Artikel dapat anda download di akhir artikel.

Pengertian RPP

RPP merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh guru. RPP merupakan dasar dari proses pembelajaran di kelas. RPP juga menjadi satu hal yang menakutkan para guru karena ada puluhan lembar yang harus dibuat untuk 1 pelajaran di tiap semester. Berdasarkan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kemdikbud merubah format bentuk RPP menjadi 1 lembar. Tentu hal ini sangat menggembirakan guru, karena guru tidak perlu lagi membuat banyak halaman RPP hanya untuk 1 mata pelajaran. Dalam surat edaran tersebut juga melampirkan kalimat “Sekolah,  kelompok  guru  mata  pelajaran  sejenis  dalam  sekolah,  kelompok kerja Guru / Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG / MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dari mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-sebesarnya keberhasilan belajar murid“. Artinya RPP ini merupakan format yang tidak baku bagi para guru. Karena format RPP ini masih bisa dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan siswa dan pengembangan siswa yang berbeda-beda tiap daerahnya.

Jika kita kaji dengan baik, dalam Surat Edaran No 14 Tahun 2019, terdapat 4 point penting di dalamnya, yaitu :

  1. Penyusuan RPP dilakukan dengan prinsip yang efisien, efektif dan berorientasi kepada murid-murid.
  2. Ada 13 komponen RPP yang yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 22 Tahun 2016 yaitu tujuan pembelajaran yang harus tercapai, langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang harus efektif dan efisien, penilaian kepada siswa berdasarkan pribadi masing-masing siswa yang wajib dilaksanakan oleh guru dan komponen-komponen lainnya bersifar pelengkap saja.
  3. Sekolah,  kelompok  guru  mata  pclajaran  sejenis  dalam  sekolah,  kelompok kerja Guru / Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG / MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dari mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-sebesarnya keberhasilan belajar murid
  4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksud  pada  angka  1,  2, dan 3

Point Esensi RPP 1 Lembar

Menurut Prof. Sri Minda Murni yang dilansir dari edukasi.kompas.com ada dua Esensi RPP 1 Lembar yaitu Ketertarikan bagi para guru, kepala sekolah, dan pengawas tentang kebijakan RPP 1 lembar ini menunjukkan bayangan yang sangat besar mengenai esensi penyederhanaan RPP 1 lembar tersebut. Setidaknya ada 2 hal yang sangat substantif yang tidak mampu ditangkap dalam pembuatan dan penggunaan RPP 1 lembar tersebut, yaitu

  1.  RPP semestinya adalah sebuah dokumen yang dirancang dengan baik oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran di sekolah. Dengan begitu apa yang tertulis pada RPP benar-benar akan dijalankan di dalam proses pembelajaran tersebut. Dengan tujuan yang jelas dan terukur, guru akan mampu melihat apakah tujuan-tujuan yang telah dirumuskan dapat dicapai oleh semua siswa, sebagian besar siswa, hanya oleh sebagian kecil siswa, atau sama sekali tidak tercapai. Pengalaman dilapangan menunjukkan bahwa banyak guru yang tidak siap menjawab ketika ditanya apa yang menjadi tujuan pembelajarannya dalam 2 x 35 menit pertemuan tatap muka. Maka tidak heran jika guru hanya berpedoman kepada kegiatan-kegiatan pada buku teks saja.
  2. RPP semestinya dapat digunakan sebagai bahan refleksi. Guru yang baik yaitu guru yang telah menetapkan tujuan pembelajaran secara terukur dan telah memikirkan sejumlah kegiatan belajar mengajar untuk mencapai targetnya akan mengetahui efektifitas rancangan skenario pembelajaran yang dibuatnya apakah sangat efektif, sebagian efektif, tidak efektif sama sekali.

Baca Juga : Download Modul Pemrograman Visual Basic Kelas 10
Baca Juga : Buku Basis Data Kelas XI Kurikulum Revisi 2013

kemudian beliau juga menyampaikan bahwa sangat penting sekali bagi Pengawas, Kepala Sekolah, dan Guru itu sendiri untuk memahami esensi RPP 1 lembar ini. Dengan pemahaman yang baik , mereka dipastikan dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik dan benar. Apabila ada perbedaan, maka dalam pelaksanaannya akan muncul kebingungan yang nantinya akan berakhir pada keputusasaan, kebosanan, dan pesimisme. Terlebih jika kebingungan ini berakhir pada pemberlakuan praktik-praktik model lama, yakni pembelajaran yang tidak memerdekakan. Siswa kembali belajar tanpa antusiasme yang tinggi karena pembelajaran tidak dapat memicu kompetensi penalaran, litarasi, numerasi, imajinasi, dan minatnya. Guru akan tetap menggunakan RPP 1 lembar yang ditawarkan baik di internet maupun oleh instansi pendidikan terkait dengan biaya. Bila yang demikian itu terjadi, maka seluruh wacana yang sangat menarik ini dipastikan akan menjadi sia-sia sebagaimana banyaknya planing menarik yang sia-sia karena baik pengawas, kepala sekolah, dan guru tidak paham sehingga tidak mampu menerapkannya sesuai semangatnya.

Sebagai guru yang baik tentu kita memang harus benar-benar memahami apa yang harus kita rencakanan dalam RPP. Seperti yang sudah disampaikan tadi bahwa memang ada banyak sekali guru yang tidak memahani esensi dari RPP itu sendiri, sehingga RPP yang sudah ditetapkan oleh kemendikbud menjadi tidak berhasil. Maka dari itu RPP 1 lembar ini harus benar-benar dimengerti oleh para guru maupun pejabat-pejabat terkait agar bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Download Format RPP Sesuai Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019

Berdasarkan pemaparan diatas, pada artikel ini saya akan berbagi format RPP 1 lembar dan beberapa contoh RPP 1 lembar pada pelajaran umum di SMA/MA dan dan kejuruan SMK. Contoh RPP 1 lembar yang akan saya bagikan ini merupakan contoh saja, karena RPP ini masih bisa dikembangkan lagi sesuai dengan isi pada surat edaran no 14 tahun 2019 pada point 3. Jadi, bapak/ibu guru masih dapat mengembangkan lagi RPP ini sesuai dengan kebutuhan yang ada di seklah dan siswa, agar nantinya esensi dari RPP ini berhasil dilaksanakan oleh guru, sekolah, pengawas dan tentunya siswa. Langsung saja silahkan download format RPP 1 lembar yang sudah saya siapkan pada link dibawah ini. RPP ini boleh dishare ke orang lain.

Jika anda berminat pada RPP 1 lembar ini, silahkan download pada link dibawah ini :

Download Format RPP Sesuai Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 Disini

Download RPP 1 Lembar Pelajaran Umum SMA/SMK :

  1. RPP 1 Lembar MatematikaDownload
  2. RPP 1 Lembar Bahasa. IndonesiaDownload
  3. RPP 1 Lembar Bahasa InggrisDownload
  4. RPP 1 Lembar FisikaDownload
  5. RPP 1 Lembar KimiaDownload
  6. RPP 1 Lembar Bimbingan KonselingDownload
  7. RPP 1 Lembar Simulasi DigitalDownload
  8. RPP 1 Lembar PKNDownload
  9. RPP 1 Lembar Pendidikan Agama IslamDownload
  10. RPP 1 Lembar Seni BudayaDownload
  11. RPP 1 Lembar Ekonomi Download
  12. RPP 1 Lembar Prakarya Download

Baca Juga : Materi Pemrograman Dasar Kelas 10
Baca Juga : Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI

Download RPP 1 Lembar Pelajaran Produktif SMK

  1. RPP 1 Lembar Dasar PerbankanDownload
  2. RPP 1 Lembar Dasar Listrik ElektronikaDownload
  3. RPP 1 Lembar Administrasi UmumDownload
  4. RPP 1 Lembar Akuntansi Dasar Download
  5. RPP 1 Lembar Marketing Download

Demikian artikel Download RPP 1 Lembar SMA/SMK/MA Lengkap ini saya buat, semoga format RPP tersebut bisa membantu bapak/ibu guru dalam membuat, mengembangkan dan membagikan ke guru-guru yang lain. Jika ada salah penyampaian dalam artikel ini atau ada keterangan yang tidak sesuai, silahkan lampirkan pesan di kolom komentar dengan bahasa yang baik dan sopan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!