Nasehat Kehidupan Islami

0 143

WebkuliahNasehat Kehidupan Islami – Nasehat merupakan satu hal yang diperlukan manusia. Nasehat kehidupan islami tentu menjadikan kita lebih baik lagi dalam menjalani kehidupan. Nasehat yang akan kita dengarkan dan renungkan, tentu akan membuat kita tersadar bahwa terlalu banyak kesalahan dan dosa yang kita lakukan selama ini. Maka, nasehat itu sangat perlu untuk sering kita dengarkan dan lakukan. Berikut adalah cerita singkat dan nasehat kehidupan islami yang memberikan pesan dalam kehidupan manusia.

CICAK DAN BURUNG PIPIT

nasehat-kehidupan-islami
nasehat-kehidupan-islami

Dahulu saat Nabi Ibrahim a.s dibakar oleh Raja Namrud, datanglah burung pipit yang bolak balik mengambil air dan meneteskan air itu di atas api yang membakar Nabi Ibrahim a.s. Cicak yang melihatnya tertawa dan berkata :

“Hai pipit……..!, bodohnya yang kau lakukan itu. Paruhmu yang kecil hanya bisa menghasilkan beberapa tetes air saja, mana mungkin bisa memadamkan api itu.

Burung pipit pun menjawab :

“Wahai cicak, memang tak mungkinlah aku bisa memadamkan api yang besar itu, tapi aku tak mau jika Allah SWT melihatku diam saja saat sesuatu yang Allah SWT cintai dizholimi, Allah SWT tak akan melihat hasilnya apakah aku berhasil memadamkan api itu atau tidak, tetapi Allah SWT akan melihat dimana aku berpihak”.

Cicak terus tertawa, dan sambil menjulurkan lidahnya ia berusaha meniup api yang membakar Nabi Ibrahim Alaihi Salam agar cepat membesar. Memang tiupan cicak tak ada artinya tak menambah besar api yang membakar Nabi ibrahim Alaihi Salam, tetapi Allah melihat dimana Cicak berpihak.

Kesimpulan :

Hikayat ini terjadi sekarang dan akan terus berulang Saat Al-Qur’an dinistakan, suara Adzan dipermasalahkan, bendera tauhid dibakar dan pembela Agama dikriminalisasi.

Aku bertanya padamu sahabat : Dimanakah kau berpihak ?. Memang, pilihanmu tak akan mengubah sedikitpun takdir Allah SWt, tapi Allah SWT akan mencatat dimana kau berpihak. Berada di barisan mana dirimu, siapa yang kamu dukung, siapa yang kamu pilih untuk jadi pemimpin. Pilihanmu akan dimintai pertanggung jawaban kelak di akhirat

Baca Juga : 7 Nasehat Bermakna Untuk Kehidupan
Baca Juga : Cerita Pendek yang Memberikan Pesan Moral

PILIH NABI MUSA ATAU FIRAUN 

nasehat-kehidupan-islami
nasehat-kehidupan-islami

Percakapan ini terjadi antara Ustadz Dr. Abdul Somad, Lc.,Ma., P.hD.

UAS  : “Andai kita hidup pd zaman Fira’un, kira-kira kita jadi pengikut siapa, Fir’aun atau Nabi Musa ?

Jama’ah : “Musaaaaa.” (Jawab jama’ah dgn kompak).

UAS  : “Yakiiin ?”

Jama’ah : “Yakiiiiiin…..”

UAS  : ” Tapi yang membangun kota Mesir itu Fir’aun. Yang bangun infrastruktur juga dia.  Yang bangun piramida itu Fir’aun. Yang paling kaya itu Fir’aun. Yang punya bala tentara banyak dan kuat itu Fir’aun. Yang punya banyak pengikut itu Fir’aun. Yang bisa memberi perlindungan dan jaminan itu Fir’aun. Yang Berkuasa itu Fir’aun. Yang bisa menyediakan makanan Dan minuman itu Fir’aun. Yang bisa adakan hiburan itu Fir’aun. Yang bisa buat pusat perbelanjaan itu Fir’aun. Bahkan jika teknologinya sudah ada mungkin Kartu Mesir Sehat dan Kartu Mesir Pintar juga dibuatnya.”

Sementara Nabi Musa ? siapa dia ?. Nabi Musa hanya seorang penggembala kambing. Bicara saja tidak fasih alias cadel (akibat pernah memakan bara api diwaktu bayi). Hanya memiliki sebatang tongkat butut. Masih yakin mau ikut Nabi Musa ? (Tanya UAS sekali lagi)

Jamaah terdiam…

UAS  : “Kerjaan Nabi Musa hanya sebagai penjaga kambing, tiba-tiba mau mengajak kita menyeberangi lautan tanpa memakai sampan, tanpa prahu, tanpa kapal. Apakah yakin kita mau ikut Nabi Musa ????”

Tak satupun jama’ah berani menjawab, semua tertunduk, diam seribu bahasa.

Kesimpulan :

“Betapa  sesungguhnya manusia zaman Firaun dan zaman sekarang, tidak Ada bedanya. Di zaman sekarang ini, mayoritas semua tergila-gila pada harta, wanita, pangkat, jabatan, pujian, rayuan. Al Wahn (cinta keduniawian). Sungguh, Fir’aun itu akan tetap ada hingga akhir zaman. Hanya saja berubah wajah dan bentuknya juga namanya. Namun secara hakikat dia akan terus ada. Sebab sejarah akan berulang, dan kita harus tetap yakin seyakinnya biidznillah Fir’aun dikalahkan oleh Musa karena Kuasa ALLAH Azza Wa Jalla.

Siapapun yang akan terpilih itu  sudah menjadi takdir/sudah tertulis di Lauhul Mahfudz, tetapi Allah akan mencatat dimana kita berpihak.

Baca Juga : Kumpulan Syair Nasehat Jalaludin Rumi

TEORI JERUK NIPIS

nasehat-kehidupan-islami
nasehat-kehidupan-islami

Bayangkan ada sebuah Jeruk Nipis berwarna hijau agak ke kuning-kuningan. Lalu Jeruk tersebut anda potong jadi dua. Kemudian pegang salah satunya dan peraslah sampai air tetesan nya mengucur. Apa yang anda rasakan? Asam bukan ? Setiap tetesannya membuat anda menelan ludah. Kalau imajinasi anda kuat sekarang, anda sedang menelan air liur, saking asamnya, betul ? Padahal jeruknya tidak ada. Tapi rasa asamnya terasa hingga anda harus menelan ludah.

Kesimpulan :

Jika anda merasakan kejadian serupa, itulah yang disebut Teori Jeruk Nipis. Bahwa tubuh manusia dirancang untuk merespon apa yang dibayangkan. Apa yang dipikirkan itulah yang jadi kenyataan. Sehingga ketika kita sedang menghadapi masalah, lalu kita berpikir yang aneh-aneh, maka yang terjadi biasanya tubuh akan drop dan besar kemungkinan jatuh sakit bahkan depresi.

Padahal semua kekhawatiran itu belum tentu terjadi. Kita sebenarnya sedang “meneteskan Jeruk nipis” di kehidupan kita. Semakin banyak tetesannya semakin berat masalahnya. Kuncinya ada dalam pikiran. Jika air liur saja bisa dipancing hanya dengan memikirkan sebuah jeruk. Maka sebetulnya masalah pun bisa diatasi dengan permainan pikiran.

KHUSNUZON TERHADAP MASALAH

Coba anda bayangkan seandainya anda didera masalah bertubi-tubi. Anggap saja masalah itu “proses pondasi” Bahwa Allah SWT hendak membangun mental anda. Bayangkan sebuah proyek Hotel dengan tinggi 100 lantai. Pondasinya pasti dalam sekali dan kuat sekali dan pengerjaannya pun pasti lama. Jika pondasinya selesai dia akan mampu menopang beban hingga 100 lantai sekalipun.

Kesimpulan :

Allah SWT tidak iseng memberi kita masalah. Allah SWT ingin kita kuat, bukan ingin kita sekarat. Maka berhati-hatilah dengan pikiran Anda. Berbaik sangkalah atas masalah yang Anda alami, maka kehidupan kita pun atas izin Allah SWT akan membaik. Berfikir baik dan berbuat baik terhadap orang lain menjadikan kita awet muda.

𝙐𝙨𝙞𝙖 𝙝𝙖𝙣𝙮𝙖 𝙖𝙣𝙜𝙠𝙖.. 𝙟𝙞𝙬𝙖 𝙩𝙚𝙩𝙖𝙥 𝙨𝙚𝙢𝙖𝙣𝙜𝙖𝙩 𝙢𝙪𝙙𝙖. 𝙆𝙚𝙚𝙥 𝙥𝙤𝙨𝙞𝙩𝙞𝙫𝙚 𝙩𝙤 𝙜𝙖𝙞𝙣 𝙗𝙖𝙧𝙤𝙠𝙖𝙝.. 𝘽𝙖𝙧𝙖𝙠𝙖𝙡𝙡𝙖𝙝. 𝘼𝙖𝙢𝙞𝙞𝙣

𝗧𝗲𝘁𝗮𝗽 𝗦𝗲𝗺𝗮𝗻𝗴𝗮𝘁. 𝗝𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗟𝘂𝗽𝗮 𝗦𝗵𝗼𝗹𝗮𝘁 𝗱𝗮𝗻 𝗜𝗯𝗮𝗱𝗮𝗵 untuk menenangkan hati, pikiran dan jiwa kita semua. Semoga.. Aamiin

MEMBERI = UNTUNG

Sebuah sumur bila di timba airnya setiap hari tidak akan pernah kering, terus ada air di dalamnya. Anehnya, kalau dalam satu hari saja airnya tidak di timba, ketinggian air yang ada di dalam sumur itu tidak meningkat. Tetap saja seperti semula. Inilah hukum alam. Di mana di dalam alam terdapat misteri yang bertujuan untuk selalu memberi dan keseimbangan.

Kesimpulan :

Sesungguhnya kehidupan kita juga sama dan serupa dengan sumur ini. Pada umumnya orang berpikir bahwa jika kita memberi apa yang kita miliki pasti akan berkurang dari apa yang di miliki semula. Tapi kalau kita mau belajar dari sumur ini, semakin banyak memberi akan semakin banyak air yang mengalir kepadanya. Dalam hal memberi tidak harus dalam bentuk uang atau materi. Kita bisa memberi dalam bentuk apa saja yang kita miliki. Saat kita mengajarkan dan memberi ilmu, maka dengan sendirinya kemampuan kita akan semakin meningkat. Yang perlu diperhatikan adalah jangan memberi karena terpaksa, jangan memberi karena ingin dipuji, sebaiknya kita memberi karena menginginkan orang lain bisa bahagia, bisa hidup lebih baik dan layak.

Dengan mengembangkan sikap mental memberi yang murni, kita yakin setiap orang bisa melakukannya. Pilihan terserah pada diri kita. Sedangkan manfaat langsung yang bisa kita rasakan saat memberi adalah perasaan kepuasan batin. Dan inilah sebenarnya kebahagiaan sejati. THE MORE YOU GIVE. THE MORE YOU RECEIVE. Berilah dan kamu akan diberi, suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.

 

INSPIRASI 

Seekor rusa betina sedang hamil, ketika hampir detik-detik kelahirannya, rusa ini pergi ke suatu  tempat yang jauh di pinggir hutan yang berdekatan dengan sungai. Tiba-tiba sesuatu yang tidak ia bayangkan terjadi. Terdengar suara gemuruh dari langit dan tiba-tiba tampak kilat yang menyambar kepermukaan bumi. Hutan kering ini terbakar dahsyat karena percikan api dari petir tersebut. Ketika rusa ini menoleh ke kiri, tampak seorang pemburu telah siap melesatkan anak panah ke arahnya. Saat menoleh ke kanan, ia pun terkejut melihat seekor singa lapar yang siap menerkamnya.Maka tiada pilihan bagi rusa ini selain :

  1. Mati dimangsa singa.
  2. Mati terkena panah.
  3. Mati terbakar.
  4. Atau mati tenggelam karena melompat ke sungai.

Bahaya mengancam dari berbagai penjuru dan tidak ada lagi kesempatan untuk berlari. Lalu apa yang harus ia lakukan? Bersedih dan merintih? Menangis dan menjerit ? Atau ia harus berlari ? sementara kondisinya begitu lemah? Atau menyerah pada keadaan? Rusa pun pasrah. Dia hanya fokus untuk melahirkan bayinya.

Lalu apa yang terjadi?

Kilat-kilat yang menyambar mengganggu pandangan si pemburu. Akhirnya panah yang dilesatkan pun meleset dan mengenai si singa lapar. Singa malang itu mati seketika. Tiba-tiba hujan datang begitu deras dan memadamkan kebakaran di hutan tersebut. Pemburu lari mencari tempat berteduh dan tidak fokus lagi kepada rusa tersebut. Rusa pun melahirkan dengan selamat.

Kesimpulan :

Segala kesulitan menyerbumu dari segala arah. Masalah datang bertubi-tubi seakan tak memberimu kesempatan untuk bernafas lega. Masalah di tempat bekerja, masalah di dalam rumah, masalah di jalan, masalah dengan anak-anak kita semuanya datang bersamaan. Seakan kamu tidak bisa lagi berbuat apa-apa.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Jadilah seperti Rusa. Biarkan semuanya berjalan apa adanya dan tetaplah fokus dan optimis. Lakukan sesuatu yang mampu kau lakukan. Selebihnya serahkan kepada Allah SWT, karena Allah SWT lah yang mengatur jalan kehidupanmu

UNTUK DIRENUNGKAN 

Cara Allah SWT menyayangimu bukan dengan meringankan masalahmu, tapi dengan menguatkan jiwamu sehingga sehebat apapun masalahmu kau tetap bertahan dan tak menyerah. Cara Allah SWT menyayangimu bukan dengan mengurangi beban yang kau pikul, tapi dengan mengokohkan pundakmu, sehingga kau mampu memikul amanah yang diberikan kepadamu. Cara Allah SWT menyayangimu mungkin tak dengan memudahkan jalanmu menuju sukses, tapi dengan kesulitan yang kelak baru kau sadari bahwa kesulitan itu yang akan membuatmu semakin berkesan dan istimewa.

Hidup itu butuh masalah supaya kita punya kekuatan. Butuh pengorbanan supaya kita tahu cara bekerja keras. Butuh air mata supaya kita tahu merendahkan hati. Butuh dicela supaya kita tahu bagaimana cara menghargai. Butuh tertawa supaya kita tahu mengucap syukur. Butuh senyum supaya tahu kita punya cinta, Butuh orang lain supaya tahu kita tidak sendiri. Beberapa luka tidak diciptakan untuk sembuh, tidak pula untuk menetap. Jika ia berakhir dengan ke ikhlasan, ia akan lahir menjadi cahaya yaitu adalah hadiah terindah dari Allah SWT.

Berbahagialah pada taqdir dengan penerimaan yang tulus, Sungguh mengajari hati BERBAIK SANGKA itu Indah. Semoga kita semua diberikan keselamatan, kesehatan, kekuataan, kesabaran, keikhlasan, kemudahan dan rezeki yang berkah melimpah. Aamiin yaa Robb

MOTIVASI KEHIDUPAN

Kebanyakan milyarder mendapat nilai B atau C di kampus mereka masing-masing. Mereka membangun kekayaan bukan dari IQ saja, tetapi juga melalui kreativitas dan akal sehat. Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan. Jika Anda dapat memimpikannya, Anda juga dapat melakukannya.

  • Masa depan adalah milik mereka yang percaya pada indahnya mimpi-mimpi mereka.
  • Cara terbaik meramalkan masa depan Anda adalah dengan menciptakan masa depan itu sendiri. Kita harus menjadi perubahan yang ingin kita lihat di dunia.
  • Dalam setiap kisah sukses, Anda akan menemukan seseorang yang telah mengambil keputusan dengan berani dan beresiko.
  • Kesalahan terbesar kita adalah tidak pernah membuat keputusan. Tidak seorang pun akan mengikuti Anda jika Anda tidak tahu kemana harus melangkah.
  • Orang yang paling beruntung di dunia adalah orang yang telah mengembangkan rasa syukur yang hampir konstan, dalam situasi apapun.
  • Salah satu penemuan terbesar umat manusia adalah bahwa mereka bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya mereka sangka tidak bisa dilakukan. Apabila kita takut gagal, itu berarti kita telah membatasi kemampuan pada diri kita sendiri.
  • Kegagalan terbesar adalah apabila kita tidak pernah mencoba melakukan sesuatu. Tidak ada jaminan kesuksesan, namun tidak mencobanya adalah jaminan kegagalan. Anda tidak akan tahu apa yang tak dapat Anda lakukan, sampai Anda mencobanya.
  • Banyak orang yang sebenarnya sudah sangat dekat dengan sukses, tapi sayangnya mereka kemudian menyerah. Anda harus memiliki tujuan jangka panjang agar tidak frustasi terhadap kegagalan jangka pendek.
  • Standar terbaik untuk mengukur keberhasilan Anda dalam kehidupan adalah dengan menghitung jumlah orang yang telah Anda buat bahagia. Jika kamu merasa sakit ketika dikhianati, maka jangan pernah mengkhianati. Jangan pernah menyakiti jika tak ingin disakiti.
  • Mencintai dan dicintai adalah kekayaan yang tak ternilai. Jangan hiraukan mereka yang berusaha jatuhkan kamu. Karena mereka akan kalah dengan sendirinya saat melihat kamu masih tegak berdiri.
  • Tak seorangpun akan memberi apa yang kamu mau, kamu harus berusaha wujudkan mimpimu. Jangan pernah menyerah, atau kamu kan menyesal nantinya.

NASEHAT ULAMA

  • Jadikanlah diam sebagai sarana atas pembicaraanmu, dan tentukan sikap dengan berfikir. – Imam Syafi’i
  • Terimalah alasan yang benar, sekalipun itu dari pihak lawanmu. – Imam Al Ghazali
  • Sungguh aku benar-benar dapat mengenali kecintaan seseorang terhadap dunia dari cara penghormatannya kepada ahli dunia – Sufyan Ats Tsauri
  • Isa bin Maryam A.s bersabda : Cinta dunia pangkal segala kesalahan, dan pada harta terdapat penyakit yang sangat banyak. – Sufyan Ats-Tsauri
  • Barangsiapa mengatakan sesuatu yang tidak ada imam atasnya, aku khawatir dia akan salah. – Al-Imam Ahmad rahimahullahu
  • Barangsiapa suka berbicara mengenai permasalahan yang tidak ada manfaatnya, niscaya diharamkan baginya kejujuran. – Sahl At Tustari
  • Ciri-ciri orang bodoh yaitu diam dari yang bermanfaat untuk dirinya, dan bicara akan hal-hal yang justru akan memberinya madharat. – Ibnu Hazm
  • Berbicara hendaklah dipikirkan dulu. Jika jelas maslahatnya maka bicaralah. Jika ragu, maka janganlah berbicara hingga tampak maslahatnya. – Imam Syafi’i
  • Menjahui ketergantungan terhadap sesama makhluk dalam segala hal. – Imam Nawawi
  • Kedermawanan dan kemuliaan adalah dua hal yang dapat menutupi aib. – Imam Syafi’i
  • Kesabaran adalah akhlak mulia yang dengannya setiap orang dapat menghalau segala rintangan. – Imam Syafi’i
  • Tidak termasuk saudaramu orang yang senang mencari muka di hadapanmu. – Imam Syafi’i
  • Jika telah ada akar yang tertanam dalam qalbu, maka lidah akan berperan sebagai pemberi kabar cabangnya. – Imam Syafi’i
  • Pelajarilah dengan teliti suatu pengetahuan, agar engkau tidak kehilangan kedalaman arti kandungannya. – Imam Syafi’i
  • Siapa yang merasa bahwa dalam dirinya terkumpul dua cinta, yaitu cinta dunia dan cinta kepada penciptaNya, maka ia telah berdusta. – Imam Syafi’i
  • Sebaik-baik harta simpanan adalah taqwa, dan sejelek-jeleknya adalah sikap permusuhan. – Imam Syafi’i
  • Orang yang berakal adalah mereka yang dapat menjaga dirinya dari segala perbuatan tercela. – Imam Syafi’i
  • Jika terdapat banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, maka mulailah dari yang terpenting dan mendesak dahulu. – Imam Syafi’i
  • Barangsiapa menyimpan rahasianya, maka kebaikan ada di tangannya. – Imam Syafi’i
  • Dengarkan dan perhatikan segala yang dikatakan oleh ibu bapakmu, selama masih dalam batas batas agama. – Imam Al Ghazal

NASEHAT UNTUK WANITA

  • Jadilah wanita yang lebih dewasa dari yang pria bayangkan, maka anda akan begitu spesial
  • Jadilah wanita yang baik, karena itu adalah modal utama untuk mendapatkan pria yang baik.
  • Wanita yang tulus tidak memerlukan kecurigaan yang tak perlu, walaupun sedikit.
  • Kesalahan pertama seorang pria adalah tidak tahu apa yang wanita inginkan.
  • Kalau wanita sudah mengeluarkan air mata, maka berhati-hatilah, karena segala yang mustahil bisa saja terjadi dengan do’anya.
  • Air mata wanita melembabkan hati pria.
  • Wanita hebat selalu tenang dalam menghadapi segala keadaan.
  • Kejujuran seorang pria bukan dari perkataannya, tetapi dari kesetiaannya.
  • Terkadang, hidup itu bergantung pada ujung bibir kita.
  • Pria bukan tokoh utama film horor, jadi, tidak perlu takut. Tapi hormatilah
  • Bukan karena kamu mengikat maka kamu dicintai, sebaliknya jika kamu dicintai maka kamu akan nampak mengikat.
  • Wanita itu tidak perlu secantik mawar, tapi cukuplah seharum melati.
  • Cinta hanya bisa diwujudkan dengan berusaha, bukan dengan diam dan menantinya.
Itulah beberapa cerita singkat yang memberi nasehat kehidupan islami bagi manusia. Dengan adanya nasehat yang baik, maka itu baik pula untuk kehidupan manusia selama di dunia. Maka janganlah bosan dengan nasehat-nasehat yang baik untuk kehidupan kita. Semoga artikel nasehat kehidupan islami ini bermanfaat untuk kita semua. Aaminn

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!