7 Nasehat Bermakna Untuk Kehidupan

0 241

7 Nasehat Bermakna Untuk Kehidupan – Nasehat merupakan satu hal yang harus didapat oleh orang agar menjadi lebih baik. Nasehat kehidupan sangat diperlukan bagi kaum anak muda yang sedang mencari jati dirinya. Seperti kita ketahui bahwa hidup ini hanyalah sementara, tidak ada yang abadi di dunia ini, kecuali Allah SWT sang pencipta langit dan bumi beserta seluruh isinya. Maka dari itu dalam kita menjalani proses kehidupan ini, sangatlah baik jika kita sering membaca ataupun mendengarkan nasehat-nasehat dari orang tua, alim ulama, ataupun saudara-saudara kita seiman dalam menjalankan perintah agama di dunia. Ada banyak sekali nasehat-nasehat yang dapat kita ambil dari berbagai sumber, mulai dari kisah nabi, sahabat, kitab suci, ataupun pengalaman hidup kita sendiri.

Nah pada postingan kali ini, saya akan memberikan beberapa nasehat-nasehat hidup yang dapat kita jadikan renungan dan dapat kita laksanakan dalam proses kehidupan dunia agar kehidupan kita lebih baik lagi. Berikut adalah nasehat-nasehatnya :

1. Nasehat Hidup Di Dunia Bukan Untuk Main-Main

Dalam Alquran surah Al-Mu’minun disebutkan bahwa ” Apakah engkau mengira bahwa Kami menciptakan engkau secara bermain-main ? (QS. Almu’minun:115). Surah ini ini menjelaskan bahwa hakikat hidup kita di dunia ini bukanlah untuk main-main, tetapi untuk beribadah kepada Allah SWT. Hal ini juga ditegaskan dalam surah Adz-Dzariyat yang berbunyi :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Dan tidaklah Aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah kepadaku” (Q.S adz-Dzaariyaat ayat 56)

Maka dari itu, rubahlah sikap kita yang selama ini hanya bermain-main saja. Beristighfar dan bertaubatlah kepada Allah SWT karena selama ini kita masih diberikan kesempatan untuk dapat beribadah kepadaNya.

RENUNGAN :

Kita dapat menilai diri kita sendiri. Apakah hari-hari kita sudah kita habiskan di dalam ketaatan atau ketidakpatuhan ?

2. Nasehat Jangan Bangga Dengan Harta dan Pujian

Dalam menjalani kehidupan di dunia, banyak sekali cobaan yang harus kita hadapi. Cobaan setiap manusia Allah SWT berikan berbeda-beda. Ada yang diberikan dengan kesusahan hati, ada pula yang diberikan kesusahan harta, ada juga yang diberikan kesusahan kesehatan, tapi ada juga yang diberikan cobaan oleh Allah SWT melalui kekayaan harga, jabatan, tunjangan, istri, dan kemewahan lainnya. Tapi, apakah kita tidak sadar bahwa itu semua hanyalah titipan. Janganlah bangga dengan  harta dan pujian-pujian yang diberikan oleh lain kepada kita, karena pujian itu sebenarnya adalah kehancuran bagi kita.

Hindari ketenaran dan jangan pamerkan dirimu. Pertahankan kesederhanaan dan rindukan ketiadaan. Dengan cara ini, kita akan dilindungi dari kutukan dan gangguan dalam kebebasanmu. Orang yang memamerkan kecantikannya di pasar akan mengundang masalah. Sikap ini mengundang kutukan, baik kawan maupun lawan akan mencari kehancurannya, meskipun dengan cara berbeda. Kawan akan memberikan pujian yang berlebih, sedangkan lawan akan berupaya dengan dengki untuk menghancurkan.

3. Nasehat Jangan Berputus Asa Dengan Allah SWT

Seseorang hendaknya tidak berputus asa pada Tuhan. Karena harapan adalah langkah pertama menuju keselamatan.

Banyak hal yang kita inginkan ketika hidup di dunia dan semuanya terasa kurang saja bagi kita. Terkadang banyak doa yang kita harap-harapkan tetapi Allah juga belum mengabulkannya. Lalu apakah kita harus berputus asa ? jawabannya tentu “tidak” karena Allah maha pengasih lagi maha penyayang”. Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, Allah SWT yang menentukan, maka kita sebagai manusia berusahalah dan berdoalah, bukan mengeluh.

Kalau kita malu dekat dengan Allah SWt karena banyak dosa, maka mendekatlah dengan Allah SWT sebagai pendosa. Insha Allah, Allah SWT akan memaafkan dosamu walaupun setinggi gunung sebesar apapun itu. Karena Allah SWT Maha Pemaaf.

Allah SWT tidak pernah putus asa memaafkan umatNya. UmatNya saja yang sering berputus asa memohon ampun padaNya.

Baca Juga : Cerita Pendek yang Memberikan Pesan Moral

4. Nasehat Allah SWT Mencintai Kita

Pernahkah kita melakukan dosa kemudian kita merasa menyesal ? Jika pernah, maka bersyukurlah karena itu bukti Allah SWT masih mencintai kita. Berapa banyak orang yang sudah Allah kunci hatinya dari Hidayah Allah SWT. Bersyukurlah atas rasa penyesalan dalam dosa itu, karena Allah SWT masih membukakan mata hati kita terhadap dosa.

Maka selama engkau mengalami rasa sakit dan menyesal di dalam diri, itu adalah bukti cinta dan kebaikan Allah SWT.

5. Nasehat Jangan Terlalu Sibuk Dengan Dunia

Di dunia ini setiap orang disibukkan dengan sesuatu. Sebagian sibuk dengan cinta pada perempuan, sebagian sibuk dengan  harta benda, sebagian sibuk dengan bagaimana mendapatkan uang, sebagian sibuk dengan ilmu.

Dan tidaklah kehidupan dunia ini selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sunggu kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa.

Baca Juga : Nasehat Kehdiupan Islami

6. Nasehat Jangan Diperbudak Nafsu

  • Malaikat bebas karena pengetahuannya.
  • Binatang bebas karena kebodohannya.
  • Diantara keduanya, hanya manusia yang tetap berjuang.

Lalu ada sejumlah manusia mengikuti akal budi hingga mereka seluruhnya mirip malaikat dan memiliki cahaya sejati. Mereka ini nabi dan oarng suci yang terbebas dari ketakutan dan pengharapan, orang yang tidak merasa takut dan tidak akan bersedih hati (QS. Yunus:62)

dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya syurgalah tempat tinggalnya (QS. An-Naziat:40-41).

7. Nasehat Jangan Kecewa Dengan Takdir Allah

Apakah kita merasa kecewa dengan takdir Allah SWT ? Kecewa dengan lahir dari keluarga miskin ? kecewa dengan kondisi fisik yang kekurangan ? Kecewa lahir dari keluarga yang kafir ? Kecewa belum dikaruniai anak padahal sudah lama berumah tangga ? Sungguh itu semua terjadi atas kehendak dan izin Allah SWT. Jangan kecewa, Takdir Allah SWT lebih baik dari yang kita rencanakan.

Lalu ? apa yang harus kita lakukan ?

Yang harus kita lakukan adalah berusaha dan berdoa.

Diriwayatkan bahwa suatu ketika Allah berkata :

Aku sanggup untuk segera mengabulkan permintaan yang  kau pintakan dalam shalatmu, tetapi ratapan kesedihanmu lebih aku sukai. Tanggapan dari-Ku muncul terlambat agar engkau terus meratap lebih banyak lagi dan memohon lebih kerap lagi. Aku sangat menikmati bunyi ratapan dan permohonanmu.

Tidak sulit bagi Allah SWT untuk membuat Nabi Ayub sehat.

Tidak sulit bagi Allah SWT memberi Nabi Ibrahim anak (Nabi Ishaq)

Tidak sulit bagi Allah SWT menyelamatkan Nabi Yusuf.

Tidak sulit bagi Allah SWT menyelamatkan Nabi Muhammad SAW.

Lalu ? masihkan kita ragu dengan Kuasanya ?

Itulah 7 Nasehat Bermakna Untuk Kehidupan kita. Semoga apa yang sudah kita perbuat selama ini dalam hal kebaikan, Allah SWT terima dan jika kita melakukan kesalahan, Allah SWT ampunkan. Semoga postingan tentang pesan kehidupan ini bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!