10 Pekerjaan dan Peluang Bisnis Di Masa Pandemi Covid 19

Membedah peluang usaha ditengah mewabahnya virus corona di Indonesia

0 422

Pekerjaan dan Peluang Bisnis Di Masa Pandemi Covid 19 – Pada masa saat ini, kita harus cerdas dalam memilih pekerjaan dan peluang bisnis. Seperti yang kita ketahui, semenjak mewabahnya virus corona di Indonesia, banyak sekali pemotongan gaji karyawan hingga terjadi PHK secara besar-besaran. Keadaan seperti ini memang sangat menyedikan bagi kita, terlebih kita adalah “korban” dari mewabahnya covid 19 ini.

Dengan kondisi saat ini yang serba sulit, kita tidak boleh kalah dengan keadaan, tapi keadaan yang harus kita kalahkan dengan semangat kita yang tidak putus. Yakin dan percayalah kalau setiap kejadian pasti akan ada hikmahnya, begitu juga dengan adanya pandemi ini, pasti ada hikmahnya. Keadaan seperti ini memang akan membuat banyak jenis pekerjaan berkurang, tetapi ada juga jenis pekerjaan yang meningkat, maka peluang itulah yang harus kita lihat dan harus kita kerjakan. Jangan putus asa dan terus berkarya ditengah virus corona ini.

Nah pada postingan kali ini saya akan berbagi tips dan pengalaman bagaimana memanfaatkan momen pandemi ini untuk berbisnis secara digital. Mengapa digital ? karena dunia saat ini sudah berubah, orang-orang tidak lagi berkerumun di mall hanya untuk membeli 1 baju, tetapi cukup dengan smartphone, kita sudah bisa membeli apapun yang kita mau. Begitulah dunia saat ini, semua sudah berubah, maka kita juga harus mengikuti zaman.

Baik, langsung saja kita akan bahas bagaimana caranya memanfaatkan momen pandemi covid 19 ini dengan berbisnis.

1. Menjual Masker

Mungkin kita tidak akan percaya kalau masker saat ini menjadi kebutuhan utama, bagaimana tidak, pemerintah daerah saja sudah membuat membuat peraturan jika berkendara tidak menggunakan masker, maka KTP akan ditahan sampai pengguna menggunakan masker. Maka dari itu bisnis masker saat ini adalah bisnis yang sangat tepat, baik itu bisnis masker bedah ataupun masker kain.

Baca Juga : 6 Kesalahan Dalam Menggunakan Masker

Lalu muncul pertanyaan baru, bagaimana cara menjualnya ? apakah harus menjual di lampu merah ? atau jualan di pinggir jalan, atau menjual secara langsung ke orang-orang ? seperti yang sudah saya sampaikan tadi bahwa saat ini semua serba digital dan otomatis juga pangsa pasar kita juga luas, bukan hanya di 1 daerah saja, melainkan se-Indonesia dapat melihat dan membeli masker yang kita jual. Kita dapat menggunakan marketplace yang GRATIS untuk menjualnya seperti shopee, bukalapak, lazada, tokopedia, dll. Kita bisa memanfaatkan itu semua dengan GRATIS, lalu kenapa kita tidak memanfaatkannya ? kita terlalu takut gagal. Ingat !! orang sukses pasti pernah gagal, sedangkan orang yang tidak pernah gagal, pasti tidak sukses” . Berikut adalah contoh dari salah satu marketplace yang menjual masker hingga ribuaan kotak. Bisa anda bayangkan berapa keuntungan mereka “hanya” dengan menjual masker ? tentu banyak bukan ?

10-pekerjaan-dan-peluang-bisnis-di-musim-pandemi-covid-19

Gambar 1. Tampilan di marketplace yang menjual masker

2. Menjual Aplikasi Ujian Online

Di tengah pandemi covid 19 ini, banyak sekali di daerah yang lockdown, termasuk juga sekolah. Banyak sekali sekolah yang saat ini belajarnya melalui daring. Tentu dengan adanya kondisi seperti ini, harus ada software yang mampu digunakan oleh para guru ketika akan melakukan ujian secara online. Kondisi seperti ini tentu menjadi berkah tersendiri bagi programmer dalam menjual aplikasi buatan mereka. Lalu bagaimana jika kita bukan programmer ? jangan khawatir, saat ini banyak sekali aplikasi yang dijual untuk ujian online. Nah cara yang dapat kamu lakukan adalah belilah software tersebut, kemudian jual lagi kepada orang lain. Saat ini banyak sekali aplikasi ujian online yang tidak menggunakan lisensi atau serial number, sehingga jika kamu sudah membelinya, kamu bisa kembangkan lagi atau langsung kamu jual ke sekolah lain. Tapi tentunya kamu harus paham dulu bagaimana cara menggunakannya, kelebihannya, dan kekurangannya. Menjualnya pun harus tetap online, agar pangsa pasar kita luas.

3. Jasa Antar Sembako

Pernahkah anda berfikir jika sembako pun banyak dijual online ? ya, saat ini banyak sekali pemuda-pemudi kreatif yang memanfaatkan momen ini untuk meraih keuntungan. Caranya yaitu dengan mempromosikan jasa antar barang kamu di sosial media. Dengan seperti itu, maka akan banyak orang yang akan melihat jasa yang kamu tawarkan. Terlebih kamu tinggal di komplek orang kaya 😀 maka akan dengan mudah mereka menggunakan jasa antar barang sembako di tengah kondisi lock down. Mereka tidak akan berfikir panjang hanya untuk membayar beberapa rupiah saja untuk diantarkan barang pesanan mereka. Labih bagus lagi, kamu sendiri yang mempunyai barang dagangan, sehingga kamu lebih banyak mendapatkan keuntungan 😀 kemaslah sembako yang kamu jual serapi mungkin, karena mereka akan melihat kualitas barang yang kamu jual dan ketepatan waktu kamu dalam mengantar pesanan mereka. Ingat, jangan kecewakan pelanggan, karena jika mereka merasa kecewa, mereka akan menggunakan jasa orang lain dan tidak akan mau lagi menggunakan jasa anda.

Baca juga : 10+ Aplikasi Untuk Kaum Milenial Yang Harus Di Install Di Smartphone

4. Menjual Kuota Internet

Mungkin dengan membaca judul saja, kamu sudah sangat paham jika ini adalah momen terbaik dalam menjual kuota internet. Ya, kuota internet saat ini menjadi kebutuhan pokok, bagaimana tidak, banyak orang rela tidak makan asalkan kuota internet mereka banyak 😀. Manfaatkan moment ini dengan menjual kuota internet kepada mereka yang sekolah ataupun kuliah, tentunya dengan harga yang miring. Beranilah bermain harga, karena hanya dengan beda Rp 1.000 saja, banyak orang pindah ke penjual lain.

5. Menjual Makanan Siap Saji Homemade

Apakah kamu type orang yang suka masak ? atau mungkin hobby ? ya, kegiatan ini tentu sangat menarik untuk dilakukan. Ditengah masa lockdown saat ini, banyak sekali orang-orang yang bosan dirumah saja, sehingga membuat mereka cenderung menghabiskan waktu untuk bermain smartphone. Terlalu lama bermain smartphone tentu membuat kita mudah lapar bukan ? ya, karena bermain smartphone ditemani dengan cemilan tentu menjadi sangat menyenangkan 😀 maka dari itu promosikanlah masakanmu di sosial media FB, instagram, dll. Dengan seperti itu, maka daganganmu tentu akan laris manis 😀

10-pekerjaan-dan-peluang-bisnis-di-musim-pandemi-covid-1910-pekerjaan-dan-peluang-bisnis-di-musim-pandemi-covid-19

Gambar 2. Promosi Makanan di Sosial Media

6. Membuat Hand Sanitizer Homemade

Hand sanitizer saat ini juga tidak kalah pentingnya dengan masker. Hampir disetiap tas orang pada saat ini, barang ini selalu siap sedia demi menjaga terkena serangan covid 19. Maka dari itu peluang bisnis ini harus bisa kita manfaatkan, terutama bagi kamu yang kuliah dibidang farmasi, maka ini adalah peluang yang sangat bagus ditengah harga hand sanitizer yang mahal dan cukup langka. Maka tunggu apa lagi ? segera buat hand sanitizer dirumah, dan jual di marketplace dengan hargar yang bersaing dengan produk lainnya.

7. Freelance Desain Grafis

Saat ini banyak sekali pemerintah daerah ataupun kantor-kantor yang harus memberikan infrormasi kepada masyarakat luas. Umumnya yang digunakan adalah spanduk, banner ataupun gambar yang di upload di sosial media. Maka bagi kamu yang mempunyai bakat dalam mendesain, maka ini adalah peluang yang bagus. Bagaimana tidak, bayangkan saja seluruh kantor pemerintah daerah, sekolah, hingga supermarker membuat desain untuk memberikan edukasi terkait covid 19 ini. Maka dari itu, jasa pembuatan desain ini cukup menjanjikan untuk dilakukan. Promosikanlah jasamu di web freelance ternama dan tentunya di sosial media.

8. Penulis Lepas

Tidak sedikit saat ini pemerintah daerah harus memberikan informasi terkait covid 19 ini di website mereka masing-masing. Terkadang dengan kondisi yang tidak diduga-duga ini, banyak sekali pemerintah daerah yang kekurangan tenaga ahli IT yang mampu membuat tulisan yang baik dan mampu menggunakan media website dengan baik juga, sehingga terkadang mereka membutuhkan jasa penulis lepas untuk menulis postingan yang akan mereka upload di website mereka. Maka jasa penulis lepas ini juga menjadi peluang tersendiri untuk digeluti dimasa covid 19 ini.

9. Editor Video

Saat ini selain desain 2 dimensi yang digunakan untuk memberikan edukasi kapada masyarakat, video juga menjadi salah satu cara tersendiri dalam memberikan edukasi kepada masyarakat umum. Dengan adanya social distancing, maka banyak sekali kegiatan-kegiatan seminar ataupun perkuliahan dilakukan degan media video. Banyak sekali para guru dan dosen yang ingin memberikan materi kepada siswa atau mahasiswanya melalui video tetapi mereka tidak bisa mengeditnya karena memang bukan bidang mereka, nah dengan kondisi seperti ini, tentunya jasa edit video sangat dicari.

10. Youtuber

Hal yang satu ini tentu tidak diragukan lagi kepopulerannya. Banyak sekali orang yang menghasilkan uang melalui cara ini, tidak terkecuali para artis tanah air, sebut saja Andre Taulani, Sule, Aziz Gagap, dll. Mereka saat ini sangat sepi job di TV, sehingga mereka beralih ke youtube. Dan penghasilan mereka mungkin lebih banyak dari job on air di TV. Jadi, menjadi youtuber juga hal yang patut anda pertimbangkan di masa covid 19 ini. Tapiyang perlu diketahui adalah menjadi youtuber harus tampil beda dan unik dengan youtuber lainnya, sehingga subscriber dan viewer kamu akan banyak.

Itulah 10 Pekerjaan dan Peluang Bisnis Di Masa Pandemi Covid 19 yang bisa kita lakukan. Jenis pekerjaan diatas tentu tidak akan langsung kita dapatkan dengan mudah, teruslah berusaha walapun gagal. Kita tentu berharap semoga pandemi ini segera berakhir agar kita dapat beraktifitas seperti biasa. Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat untuk kita semua.

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!