6 Kesalahan Dalam Menggunakan Masker

0 385

6 Kesalahan Dalam Menggunakan Masker – Pada masa pancemi covid 19 ini masker merupakan satu hal yang sangat penting. Saat ini masih banyak orang yang belum mengerti atau masih melakukan kesalahan dalam menggunakan masker. Menggunakan masker merupakan salah satu pencegahan dari serangan covid 19. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa saat ini kesehatan kita sedang dihantui oleh satu virus yaitu virus corona yang sudah memakan banyak korban, khususnya di Indonesia. Kita sebagai masyarakat harus sadar kalau kesehatan kita saat ini sedang tidak tidak baik-baik saja, maka kita harus cerdas dalam menjaga kesehatan di masa covid 19 ini. Salah satu cara yang harus kita lakukan yaitu mencuci tangan menggunakan hand sinitizer, jaga jarak, tetap dirumah dan menggunakan masker.

Pada postingan kali ini, saya akan berbagi tips atau cara yang benar dalam menggunakan masker agar masker menjadi maksimal dalam melindungi kesehatan kita dan saya juga akan berbagi informasi tentang banyaknya kesalahan masyarakat dalam menggunakan masker, sehingga masker tersebut menjadi tidak maksimal dalam penggunaannya. Berikut adalah kesalahan dalam menggunakan masker dan cara yang benar dalam menggunakan masker.

1. Menggunakan Masker yang Banyak Celahnya (Masker Kain)

 

6-kesalahan-dalam-menggunakan-masker

Tahukah anda bahwa masker berfungsi untuk melindungi mulut dan hidung agar terhindar dari debu dan virus. Namun banyak sekali masyarakat menggunakan masker menggunakan bahan yang mudah sekali debu dan virus masuk menembus masker tersebut. Jadi, jika masker yang kita gunakan untuk melindungi mulut dan hidung kita dari virus tetapi sangat rentan tebus oleh virus, lalu apa gunanya kita menggunakan masker ? tentu hal ini menjadi sia-sia. Maka hal yang bisa kita lakukan untuk mensiasati kondisi seperti ini adalah dengan cara menyelipkan tisu kedalam masker kain yang kita gunakan, sehingga virus tidak mudah masuk ke dalam hidung atau mulut kita.

2. Tidak Mengganti Masker Dalam Waktu yang Lama

6-kesalahan-dalam-menggunakan-masker

Masker yang kita gunakan dalam kegiatan kita seharian tentu akan sangat banyak debu atau mungkin virus yang menempel di masker tersebut, terutama bagi kita yang bekerja di jalanan seperti ojek online, supir angkot, penjual keliling, dll. Maka dari itu masker yang kita pakai haruslah diganti 1 hari sekali. Karena kita tidak tahu ada berapa banyak debu yang masih menempel atau virus yang masih menempel pada masker tersebut. Sehingga jika kita terus menggunakan masker tersebut tanpa diganti untuk beberapa hari kedepan, maka akan sangat rentan debu yang menempel diluar masker akan masuk ke dalam masker karena lapisan masker yang sudah tidak lagi bisa menahan debu atau virus masuk. Maka gantilah masker yang sudah kita gunakan seharian demi menjaga kesehatan kita.

3. Menggunakan Masker yang Basah

6-kesalahan-dalam-menggunakan-masker

Menggunakan masker yang basah tentu semakin mudah untuk debu lengket dan menjadikan maskter tersebut tidak layak pakai. Ada orang yang menggunakan masker yang masih basah karena belum kering dicuci tanpa disadari hal itu adalah kesalahan dalam menggunakan masker. Cucilah masker anda dan jemurlah sampai benar-benar kering, sehingga dapat memaksimalkan penggunaan masker untuk mencegah tertularnya virus masuk melalui hidung dan mulut.

Baca Juga : 10 Pekerjaan dan Peluang Bisnis Di Masa Pandemi Covid 19

4. Menggunakan Masker Bedah Secara Terbalik

Mungkin ada sebagian dari kita melakukan hal ini. Tentu hal ini sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan, karena menggunakan masker secara terbalik justru tidak mencegah debu atau virus masuk. Apalagi kita menggunakan masker bedah secara terbalik setelah beberapa hari digunakan sebelumnya. Justru ini menjadi satu hal yang konyol dilakukan. Bagaimana tidak, masker bagian luar yang sudah anda gunakan untuk mencegah virus masuk dan pastinya ada debu atau mungkin virus yang menempel, kemudian kita balik posisinya yang tadinya diluar menjadi di dalam menutupi hidung dan mulut kita, maka debu atau virus yang masih menempel pastinya akan masuk ke dalam hidung atau mulut kita, tentu hal ini menjadikan masker menjadi tidak berguna untuk kita gunakan.

5. Menggunakan Masker yang Loggar

Menggunakan masker yang longgar tentunya akan memberi celah terhadap debu atau virus untuk masuk ke hidung atau mulut kita. Maka ini adalah cara yang keliru yang banyak dilakukan oleh masyarakat luas. Menggunakan Masker yang baik adalah menutup semua bagian hidung dan mulut beserta celah-celah yang berada di sekitar hidung, pipi ataupun leher. Maka dari itu gunakanlah masker yang ketat untuk mencegah memberi ruang virus masuk.

6. Seringnya Menyentuh Masker

Kesalahan selanjutnya yaitu banyak sekali para pengguna masker menyentuh masker yang mereka gunakan. Menyentuk bagian luar masker tentu tidak dianjurkan, karena kita tidah tahu ada atau tidak virus yang menempek di masker. Seandainya ada virus yang menempel dan kita sering menyentuhnya, maka bisa saja tangan kita juga tercemar virus dan yang kita takutkan adalah tangan kita menyentuh bagian mulut atau hidung, sehingga virus akan mudah masuk. Maka mulai sekarang jangan lagi sering menyentuh masker bagian luar ya teman.

Itulah 6 kesalahan dalam menggunakan masker yang sering kita jumpai di masyarakat  dan cara yang benar dalam menggunakan masker. Mudah-mudahan postingan in bermanfaat untuk kita semua dalam mencegah tertularnya covid 19 dan memutus rantai penyebaran covid 19 khususnya di Indonesia. Akhir kata saya ucapakan Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!