Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI

0 604

Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI – Materi produk kreatif merupakan materi yang diajarkan di SMK kelas XI. Materi produk kreatif ini mengajarkan pada siswa untuk menjadi wirausahawan yang handal. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi materi ajar tentang pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI. Materi yang akan saya share berikut adalah materi yang sudah saya rancang sesuai dengan buku panduan sesuai dengan Kurikulum K13 Edisi Terbaru 2018 yang diterbitkan oleh Pustaka Mulia dengan penulis Ida Ayu Made Ratih Widiastuti, SE dan Karmi, S.Pd, S.Akt. Materi yang akan saya share ini untuk pertemuan 1 s/d 2 yang nantinya tiap pertemuan 1 file power point. Pada slide akhir presentasi pertemuan ke 2 terdapat tugas individu dan kelompok yang harus dikerjakan siswa, file dapat di download pada akhir postingan ini.

Pertemuan ini membahas tentang :

Kompetensi DasarIndikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1 Memahami sikap dan perilaku wirausahawan3.11 Menjelaskan pengertian wirausaha dan kewirausahaan
3.1.2 Menjelaskan karakteristik wirausaha
3.1.3 Menjelaskan faktor keberhasilan dan kegagaln wirausah

Berikut adalah ringkasan yang terdapat pada materi yang akan saya share di akhir artikel.

A. Pengertian Wirausaha

Kata entrepreneurship berawal dari Bahasa Perancis, yaitu entrepredeyang berarti petualang, pencipta dan pengelola usaha. Istilah tersebut diperkenalkan oleh Richard Cantillo (1755). Istilah ini makin popular setelah digunakan oleh pakar ekonomi J.B Say (1803) untuk menggambarkan para pengusaha yang mampu memindahkan sumber daya-sumber daya ekonomis dari tingkat produktivitas rendah ke produktivitas yang lebih tinggi dan menghasilkan banyak lagi (Suwartoyo, 1992). Kewirausahaan adalah suatu sikap mental yang mendorong seseorang untuk memnafaatkan segala potensi yang ada baik diri maupun lingkungan untuk dikelola menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis demi keuntungan diri sendiri, masyarakat, lingkungan, dan negara.

B. Karakteristik Wirausaha

Scarborough dan Thomas W. Zimmer (1993: 6-7) mengemukakan bahwa karakteristik kewirausahaan adalah sebagai berikut :

1.Desire for responsibility

Memiliki rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukannya. Seseorang yang memiliki tanggung jawab akan selalu mawas diri. Indikator orang yang bertanggung jawab adalah disiplin, penuh komitmen, bersungguh-sungguh, jujur, berdedikasi tinggi, dan konsisten.

2. Preference For Moderate Risk

Lebih memilih resiko yang moderat, artinya selalu menghindari resiko, baik yang terlalu rendah meupun yang terlalu tinggi. Seorang wirausaha harus berani mengambil resiko. Semakin besar resiko yang dihadapinya, semakin besar pula kesempatan untuk meraih keuntungan. Berani mengambil resiko yang telah diperhitungkan sebelumnya merupakan suatu kunci awal dalam dunia usaha, karena hasil yang dicapaki akan proporsional terhadap reseiko yang akan diambil.

3. Confidence In Their Ability to Success

Memiliki kepercayaan diri untuk memperoleh kesuksesan. Kepercayaan diri merupakan suatu panduan sikap dan keyakinan seseorang dalam menghadapi tugas atau pekerjaan (soesarsono Wijandi, 1998 : 33). Dalam praktik, sikap kepercayaan ini merupakan sikan dan keyakinan untuk memulai, melakukan, dan menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang dihadapi.

4. Desire for Immediate Feedback

Selalu menghendaki umpan balik dengan segera

5. Hight Level of Energy

Memiliki semangat dan kerja keras untuk mewujudkan keinginannya demi masa depan yang  lebih baik.

6. Future Orientation

Berorientasi serta memiliki perspektif dan wawasan jauh kedapan. Arah pandangna seseorang wirausaha harus berorientasi ke masa depan. Perspektif seseorang wirausaha akan dapat membuktikan apakah ia berhasil atau tidak.

7. Skill at Organizing

Memiliki keterampilan dalam mengorganisasikan sumber data untuk menciptakan nilai tambah.

8. Value of Achievement Over Money

Lebih menghargai prestasi daripada uang. Seseorang wirausaha selalu berprinsip bahwa apa yang dilakukan merupakan usaha optimal untuk menghasilkan nilai maksimal. Artinya wirausaha melakukan sesuatu secara tidak asal-asalan, sesekalipun hal tersebut dapat dilakukan oleh orang lain.

9. Keorisinilan : Kreativitas dan inovasi

Nilai inovatif, kreatif, dan fleksibilitas merupakan unsur-unsur keorisinalan seseorang. Wirausaha yang inovatif adalah orang yang kreatif dan yakin dengan adanya cara-cara baru yang lebih baik (Yuyun Wirasasmita, 1994: 7) dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Tidak pernah putus dengan cara yang dilakukan saat ini, meskipun cara tersebut cukup baik
  2. Selalu menuangkan imajinasi dalam pekerjaannya
  3. Selalu ingin tampil beda atau memanfaatkan perbedaan.

10. Memiliki Sifat Inovasi Tinggi

Seseorang wirausaha harus segera menerjemahkan mimpi-mimpinya menjadi inovasi mengembangkan bisnisnya. Jika impian dan tujuan hidup merupakan fondasi bangunan hidup dan bisnis, maka inovasi dapat di ibaratkan sebagai pilar-pilar yang menunjang kukuhnya oleh inovasi yang tiada henti sehingga bangunan hidup dan bisnis menjadi kukuh dalam situasi apapun, entah itu diterjang badai kesulitan ataupun tantangan.

11. Memiliki komitmen Terhadap Pekerjaan

Menurut Sony Sugema terdapat tiga hal yang harus dimilik seorang wirausaha yang sukses, yaitu

  1. Mimpi
  2. Kerja Keras
  3. lmu

12. Memiliki Kemandirian

Orang yang mandiri adalah orang yang tidak suka mengandalkan orang lain. Ia justru mengoptimalkan segala daya dan upaya yang dimilikinya sendiri. Intinya adalah kependaian dalam memanfaatkan potensi diri tanpa harus diatur oleh orang lain.

13. Selalu Mencari Peluang

Seorang wirausaha sejatinya mampu melihat sesuatu dalam perspektif atau dimensi yang berlainan pada satu waktu. Bahkan ia juga harus mampu melakukan beberapa hal sekaligus dalam satu waktu.

14. Beorientasi Pada Tugas dan Hasil

Pada tugas dan hasil, seseorang yang selalu mengutamakan tugas dan hasil adalah orang yang selalu mengutamakan nilai-nilai motif berprestasi, berorientasi pada laba, ketekunan dan ketabahan, tekat kerja keras, mempunyai dorongan kuat, energik, dan berinisiatif.

15. Kepemimpian

Seseorang wirausaha yang berhasil selalu memiliki sifat kepemimpinan, kepeloporan, dan keteladanan. Ia selalu ingin tampil berbeda, menjadi yang pertama, dan lebih menonjol. Dengan menggunakan kemampuan inovasi dan kreatifitas, ia selalu menampilkan barang dan jasa-jasa yang dihasilkannya dengan , lebih cepat, lebih dahulu, dan segera berada sehingga menjai pelopor dalam proses produksi meupun pemasaran.

Pola-Pola Tingkah Laku Seseorang yang Memiliki Jiwa Kewirausahaan (Duselmen, 1989: 16)

materi-produk-kreatif-dan-kewirausahaan-kelas-xi

Keterangan

  1. Kepemimpinan
  • Usaha memotivasi, melaksanakan, dan mengarahkan tujuan usaha.
  1. Kemampuan Manajerial
  •  Usaha yang dilakukan untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajemen, yang meliputi menjaga kelancaran usaha serta mengawasi dan mengevaluasi
  1. Keberanian
  • Usaha untuk menimbang dan menerima resiko dalam mengambil keputusan dan menghadapi ketidakpastian
  1. Inovasi
  • Usaha untuk menciptakan, menemukan, dan menerima ide-ide baru.

Itulah  Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI yang terdapat pada pertemuan 1 s/d 3. Jika bapak/ibu guru berminat, silahkan download file secara Gratis di bawah ini.

Pertemuan 1 : Download

Pertemuan 2 : Download

Pertemuan 3 : Download

Tes Pengetahuan 1 : Download

Lembar Kerja Tugas 1 : Download

Baca Juga : Materi Pemrograman Dasar Kelas 10

Baca Juga : Buku Basis Data SMK Kelas XI Kurikulum Revisi 2013

Jika sudah di download jangan lupa share pada guru-guru yang lain ya bpk/ibu. Sekian dari saya, semoga materi pembelajaran ini bisa membantu bpk/ibu dalam mengajar anak-anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas dan berakhlak mulia. Aamiin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!