Buku Basis Data Kelas XI Kurikulum Revisi 2013

Basis Data, DBMS, Database

0 291

Buku Basis Data Kelas XI Kurikulum Revisi 2013 – Buku Basis Data kelas XI RPL ini merupakan buku yang dirancang sesuai dengan kebutuhan kurikulum 2013. Buku ini layak digunakan untuk proses pembelajaran yang ada di SMK pada kelas XI pada semester 1 dan 2. Basis data merupakan salah satu materi yang diajarkan di SMK untuk mengajarkan siswa tentang database pada program, baik itu berbasis web, mobile ataupun desktop. Bagi bapak/ibu guru yang ingin menggunakan buku ini dapat mendownload diakhir artikel. Berikut adalah materi yang dibahas pada Buku Basis Data kelas XI RPL :

buku-basis-data-smk-kelas-xi-kurikulum-revisi-2013 buku-basis-data-smk-kelas-xi-kurikulum-revisi-2013

Pengertian Basis Data

Secara umum untuk menjelaskan tentang pengertian basis data dapat dilihat dari dua sisi yaitu pengertian secara makna yang asli dan pengertian secara istilah. Menurut pengertian secara makna yang asli basis data terdiri dari dua kata yaitu basis dan data. Basis dapat diartikan sebagai suatu tempat berkumpul atau gudang penyimpanan, tempat bersarang atau tempat berkumpul. Data dapat diartikan merupakan representasi dari fakta dunia yang mewakili suatu obyek (manusia, barang, peristiwa, keadaan dan sebagainya) yang direkam dalam bentuk bunyi, angka, huruf, teks, gambar, simbol, atau kombinasinya. Adapun menurut pengertian secara istilah, terdapat beberapa definisi yaitu sebagai berikut :

  1. Himpunan kelompok data atau yang saling berhubungan yang dikelompokkan sedemikian rupa agar nantinya dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah
  2. Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama dan tanpa adanya pengulangan data yang tidak perlu untuk memenuhi berbagai kebutuhan
  3. Kumpulan file tabel dan arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan tertentu.
  4. Sekumpulan data yang dapat dicontohkan sebagai aktifitas dari satu atau lebih organisasi yang berelasi.

Penggunaan istilah basis data menurut Elmasri lebih dibatasi pada arti implisit yang khusus mempunyai beberapa pengertian, yaitu :

  1. Basis data merupakan penyampaian suatu aspek dari dunia nyata. Misalnya basis data perbankan, perpustakaan, pertanahan dan perpajakan.
  2. Basis data merupakan kumpulan data dari berbagai sumber yang secara logika mempunyai arti implicit, sehingga apabila data terkumpul secara acak dan tanpa mempunyai arti, tidak dapat disebut basis data.
  3. Basis data perlu dirancang, dibangun dan data dikumpulkan untuk suatu tujuan tertentu.
  4. Basis data dapat digunakan oleh beberapa pemakai dan beberapa aplikasi yang sesuai dengan kepentingan pemakai.

Komponen Basis data

Basis data adalah suatu sistem yang dibangun oleh beberapa komponen diantaranya ada 6 komponen pokok antara lain ialah:

  1. Perangkat keras (hardware) dalam sistem komputer. Dalam sistem pengolahan basis data digital perangkat utama sebagai pengolah data dalah komputer.
  2. Perangkat Lunak Aplikasi (software) lain yang mendukung dan bersifat opsional. Software digunakan untuk mendukung proses pengelolaan basis data. Misalnya bahasa pemrograman C, basic dan pascal.
  3. Sistem Operasi (operating system). Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola aplikasi basis data dan penggunaan sumberdaya komputer.
  4. Komponen basis data data lain yang memiliki hubungan dengan basis data itu sendiri. Komponen ini berisi atau memiliki objek-objek basis data yaitu seperti table, indeks dan teks.
  5. Sistem Pengelola Basis Data Database Management System atau database managemen system (DBMS). Merupakan program aplikasi yang berfungsi untuk pengelolaan basis data, seperti Microsoft access, oracle dan lainnya.
  6. Pemakai (user), yaitu pengguna yang terlibat langsung dalam pengelolaan basis data dan penggunaan basis data.

Baca Juga : KI KD dan Silabus Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak Kelas XII SMK Revisi 2017
Baca Juga : KI KD dan Silabus Pemrograman Dasar Kelas X SMK Revisi 2017

Sistem Manajemen Basis Data

Sistem manajemen basis data merupakan sebuah keterpaduan yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen fungsional yaitu komputer yang saling terhubung secara bersama-sama. Hal ini bertujuan untuk memenuhi suatu proses atau pekerjaaan tertentu. Sistem ini merupakan merger antara basis data dan kumpulan program atau perangkat lunak DBMS (database management system). DBMS didesain untuk membantu dalam hal pemeliharaan dan utilitas kumpulan data dalam jumlah besar. DBMS dapat dijadikan satu alternatif penggunaan secara khusus untuk aplikasi, misalnya saja untuk  penyimpanan data dalam field dan menulis kode aplikasi yang spesifik untuk pengaturannya. Kumpulan file (table) yang saling berhubungan dalam di sebuah komputer dan sekumpulan program yang memungkinkan beberapa pemakai dan atau program lain untuk mengakses dan memanipulasi file-file atau table-tabel tersebut.

Tujuan dan Manfaat Penggunaan Basis Data

Kesuksesan suatu organisasi bergantung pada kemampuannya menangkap data secara akurat dan tepat waktu. Hal tersebut berkaitan dengan operasi dan pengaturan data secara efektif, maupun penggunaan data untuk keperluan analisis untuk kebutuhan pendukung keputusan. Kemampuan untuk mengatur atau mengolah sejumlah data, dan kecepatan untuk mencari informasi yang relevan, adalah aset yang sangat penting bagi suatu organisasi. Untuk mendapatkan himpunan data yang besar dan juga kompleks, user harus memiliki alat bantu atau tools yang berfungsi menyederhanakan tugas manajemen data dan mengekstrak informasi yang berguna secara tepat waktu.Beberapa tujuan penggunaan basis dataadalah sebagai berikut :

  1. Kecepatan dan Kemudahan (Speed) . Dengan basis data diharapkan user dapat melakukan penyimpanan data, perubahan data dan menampilkan kembali data dengan cepat dan mudah.
  2. Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space). Penggunaan database dapat mengurangi pengulangan data. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan sejumlah pengkodean atau bisa juga dengan membuat relasi-relasi dalam bentuk file antara kelompok data yang saling berelasi.
  3. Keakuratan (Accuracy). Dengan basis data data accuracy, data akan lebih terjaga dengan menerapkan aturan dan batasan tertentu , tipe data, domain data dan keunikan data.
  4. Ketersediaan (Availability). Dengan basis data data yang sudah tidak dipakai dapat dipisahkan dari sistem database yang sedang aktif. Hal ini dapat dilakukan dengan cara penghapusan atau memindahkannya ke media backup untuk menghemat ruang penyimpanan. Selain itu dapat memanfaatkan teknologi jaringan komputer agar data yang berada di suatu lokasi atau cabang daat juga diakses oleh lokasi atau cabang lainnya.
  5. Kelengkapan (Completeness). Agar data yang dikelola senantiasa lengkap baik relatif terhadap kebutuhan pemakai maupun terhadap waktu. Hal ini dapat dilakukan melaluipenambahan record-record data, perubahan struktur basis data, menambah field pada tabel atau menambah tabel baru.
  6. Keamanan (Security). Walaupun tidak semua sistem basis data menerapkannya, keamanan dalam penggunaan basis data diperlakukan pada sistem yang besar dan serius. Dengan penerapan ini, setiap pengguna dibedakan hak aksesnya; yakni ditentukan obyek-obyek mana saja yang bisa diakses dan proses apa saja yang bisa dia dilakukan.
  7. Kebersamaan (Sharability). Agar data yang dikelola oleh sistem mendukung lingkungan multiuser (banyak pemakai) dengan menjaga / menghindari munculnya problem baru seperti inkonsistensi data (karena terjadi perubahan data yang dilakukan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan) atau kondisi deadlock (karena ada banyak pemakai yang saling menunggu untuk menggunakan data).

Pengenalan File Tabel Record dan Field

Didalam manajemen basis data, data disimpan dalam bentuk Berkas atau file. Berkas adalah himpunan seluruh record data (sisi baris) yang bertipe sama Suatu tabel atau Entitis dalam basis data relasional digunakan untuk mendukung antar muka komunikasi antara pemakai dengan para profesional komputer. Gambar dibawah ini menjelaskan contoh penempatan data mahasiswa dalam tabel MHS.

Record atau Baris atau dalam istilah model relasional yang formal disebut dengan Tuple adalah kumpulan data yang terdiri dari satu atau lebih suatu field. Pada setiap baris-baris ini tersimpan data-data dari subyek tabel yang bersangkutan . Di samping itu data-data yang ada dalam satu record bias terdiri dari bermacam-macam tipe data (Penjelasan tentang tipe dat kana dijelaskan pada bab selanjutnya). Contoh bentuk data yang terletak dalam satu record diperlihatkan dengan latar belakang hitam, seperti pada gambar dibawah ini.

Field atau Kolom atau dalam istilah model relasional yang formla disebut dengan Attribute adalah kumpulan data yang mempunyai/menyimpan yang sama/sejenis untuk setiap pada tabel. Yang perlu diperhatikan bahwa urutan data (fisiknya) dalam suatu kolom untuk tiap-tiap baris tidak memiliki arti sehingga data-data tersebut tidak berpengaruh walaupun diubah. Contoh bentuk data yang terletak pada satu field/kolom diperlihatkan dengan latar belakang hitam, seperti pada gambar dibawah ini

Baca Juga : Materi Pemrograman Dasar Kelas 10
Baca Juga : Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI
Baca Juga : Download Modul Pemrograman Visual Basic Kelas 10
Baca Juga : Soal Basis Data Kelas XII

Itulah beberapa penggalan materi yang ada pada Buku Basis Data SMK Kelas XI Kurikulum Revisi 2013. Jika bapak/ibu ingin mendownload E-Booknya, silahkan klik dibawah ini :

  1. E-Book Basis Data Jilid 2 DOWNLOAD
  2. E-Book Basis Data  Jilid 3 DOWNLOAD
  3. E-Book Basis Data Kelas XI Semester 1 Download
  4. E-Book Basis Data Kelas XI Semester 2 Download

Jangan lupa untuk di share kepada rekan-rekan guru yang lain agar guru yang lain juga bisa menggunakannya. Terima Kasih

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!