Daftar Kampus di Medan dan Sekolah di Sumatera Utara Yang Libur Akibat Virus Corona

Demi memutus rantai virus corona, pemerintah memberikan instruksi untuk sekolah dan instansi agar diliburkan selama beberapa hari.

0 170

Daftar Kampus di Medan dan Sekolah di Sumatera Utara Yang Libur Akibat Virus Corona – Memasuki tahun baru 2020, dunia saat ini digemparkan dengan beredarnya virus mematikan bernama corona yang berasal dari Negara China, tepatnya di Kota Wuhan. Sejak menyebarnya virus  ini, China menjadi negara yang paling sibuk dalam menangani kasus ini. Negara lain juga sudah mulai memulangkan warga mereka masing-masing agar terhindar dari virus ini. Berjalannya waktu, virus ini sangat cepat menyebar ke berbagai Negara, tidak ketinggalan termasuk Negara Indonesia. Menyebarnya virus ini dengan sangat cepat membuat Negara-Negara panik dengan membuat kebijakan untuk memutus rantai virus corona. Virus ini menyebar tidak melalui udara, melainkan akibat sentuhan tubuh terhadap suatu benda. Virus ini menempel pada bagian-bagian fasilitas umum, seperti mesin ATM, Mall, Bioskop, Halte, stadion, dll. Orang yang sering berolah raga pun tidak luput dari serangan virus ini, contohnya seperti pemain Juventus Rugani, pemain Chelsea, Callum Hudson Odoi, Pelatih Arsenal Mikel Arteta, dll. Di Indonesia sendiri, kasus ini sudah mulai menyebar hingga ke beberapa kota. Dan korban meninggal juga sudah terjadi di Indonesia. Para dokter dan tim medis terus berupaya berkoordinasi dengan pemerintah dalam menangani virus ini.

Yang terbaru menganggapi adanya kasus corona ini pemerintah Sumatera Utara melalui surat edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) tanggal 9 Maret 2020 salah satunya berisi tentang himbauan untuk tidak melakukan kegiatan di keramaian orang di kegiatan pembelajaran di sekolah ataupun perguruan tinggi. Menganggapi hal itu, Rektor Universitas ataupun Ketua Perguruan Tinggi dan juga Sekolah mengumumkan dengan menghimbau untuk tidak melakukan aktivitas belajar mengajar di lingkungan sekolah maupun kampus. Kampus dan sekolah memutuskan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah masing-masing dengan sistem daring.

Tapi perlu di ingat, bahwa himbauan libur selama 2 minggu ini bukan menjadi ajang untuk liburan. Libur disini artinya kita tidak banyak melakukan kegiatan di tempat banyak orang berkumpul agar memutus rantai virus corona ini. Di Kota Medan sendiri himbauan untuk Universitas/ Sekolah Tinggi dan Sekolah sudah mulai beredar. Himbauan ini meliburkan segala kegiatan yang dilakukan di Universitas/Sekolah Tinggi ataupun Sekolah selama 2 minggu. Berikut adalah Universitas/Sekolah Tinggi atau sekolah yang libur di Sumatera Utara.

 

1. Universitas Sumatera Utara

daftar-kampus-di-medan-dan-sekolah-di-sumatera-utara-yang-libur-akibat-virus-corona

Universitas Sumatera Utara melalui Surat Edaran Rektor Nomor 3195/UN5.1.R.KPM/2020 memberikan himbauan kepada seluruh Dosen, Mahasiswa, dan Tanaga  Kependidikan USU untuk mempraktekkan gaya hidup sehat sesuai dengan pedoman yang sudah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI. USU juga menghimbau untuk memberhentikan sementara proses belajar di lingkungan Universitas dengan sistem tatap muka dan diganti dengan sistem online melalui Platform E-Learning USU pada laman https://elearning.dev.usu.ac.id dan atau melalui platform lainnya seperti Google Classroom, Zoom, dan sejenisnya. Berikut adalah Surat Edarannya Download.

 

2. Universitas Pembangunan Panca Budi

daftar-kampus-di-medan-dan-sekolah-di-sumatera-utara-yang-libur-akibat-virus-corona

Selanjutnya Universitas yang meliburkan kegiatan belajar secara tatap muka adalah Universitas Pembangunan Panca Budi melalui keputusan Rektor Nomor 7437/13/R/2020 yang memberikan himbauan kepada seluruh Bpk/Ibu Dekan, Dosen, Kaprodi dan Mahasiswa untuk melakukan proses belajar mengajar secara online melalui situs e-learning https://elsis.pancabudi.ac.id ataupun melalui WA, E-Mail dan Telegram. Hal ini dilakukan agar terhindar dari virus corona yang sudah menyebar di Indonesia.. Berikut adalah surat edarannya Download.

 

3. Universitas Medan Area

daftar-kampus-di-medan-dan-sekolah-di-sumatera-utara-yang-libur-akibat-virus-corona

Universitas Medan Area melalui surat keputusan Rektor Nomor 241/UMA.’08.1/III/2020 menghimbau kepada seluruh dosen dan juga mahasiswa agar melakukan proses belajar dan mengajar menggunakan Google Classroom atau Blog Dosen terhitung mulai tanggal 17 Maret 2020 sampai dengan 30 Maret 2020. Keputusan ini berdasarkan hasil pertemuan dengan Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim. Jadi diharapkan kepada semua mahasiswa/i maupun Bpk/Ibu Dosen agar tidak banyak melakukan kegiatan ditempat ramai dan tetap menjaga kesehatan sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI. Berikut tadalah surat edarannya Download.

 

4. Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan

daftar-kampus-di-medan-dan-sekolah-di-sumatera-utara-yang-libur-akibat-virus-corona

Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan juga memberikan surat edaran guna mencegah atau memutus rantai penyakit corona dengan nomor surat KP.02.03/ 00/ 0465/ 2020. Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa seluruh pegawai di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Medan melaksanakan kegiatan dirumah masing-masing dan tetap berkoordinasi dengan memanfaatkan teknologi informasi terhitung sejak tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan 20 Maret 2020. Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan juga memberikan himbauan kepada Bpk/Ibu Dosen dan  Mahasiswa bahwa perkuliahan dilakukan secara online melalui sistem E-Learning terhitung mulai tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan 27 Maret 2020. Segala kegiatan seminar maupun workshop dan sejenisnya juga ditangguhkan untuk saat ini sambil menunggu perkembangan selanjutnya. Berikut adalah surat edarannya Download.

 

5. Universitas Islam Sumatera Utara

daftar-kampus-di-medan-dan-sekolah-di-sumatera-utara-yang-libur-akibat-virus-coronaSelanjutnya Universitas yang juga memberikan surat edaran dalam menyikapi kasus virus corona ini adalah Universitas Islam Sumatera Utara. Universitas Islam Sumatera Utara dalam Surat Edarannya Nomor 724/1/E.01/III/2020 menjelaskan bahwa perkuliahan secara tatap muka di berhentikan sementara dan diganti secara daring (E-mail, Whatsapp, Blog) mulai tanggal 17 Maret 2020 sampai dengan 31 Maret 2020. Segala bimbingan dari dosen pembimbing juga dilakukan secara online. Berikut surat edarannya Download

 

 

6. Universitas Negeri Medan

daftar-kampus-di-medan-dan-sekolah-di-sumatera-utara-yang-libur-akibat-virus-coronaUniversitas Negeri Medan melalui Surat Edaran Rektor nomor 000809/UN.33/SE/2020 juga memutuskan untuk menggunakan sistem daring dalam melakukan proses belajar. Pembelajaran praktikum di lab ataupun di bengkel juga dilaksanakan dengan penugasan yang relevan sesuai dengan capaian perkuliahan. Kegiatan lapangan seperti KKN, PKL, PPL, Magang, dsb untuk saat ini dikompensasi dalam bentuk kegiatan lain. Ujian Tengah Semester dan Ujian Semester juga dilakukan dengan sistem daring. Proses bimbingan dengan dosen juga dilakukan dengan daring.  Berikut surat edarannya Download

 

7. Universitas Dharmawangsa Medan

daftar-kampus-di-medan-dan-sekolah-di-sumatera-utara-yang-libur-akibat-virus-corona

Universitas Dharmawangsa Medan melalui Surat Edaran Rektor Nomor R.020.10.032020-208 menghimbau kepada seluruh mahasiswa maupun dosen untuk melakukan pembelajaran secara online selama 14 hari kedepan dimulai tanggal 17 Maret 2020 sampai dengan 31 Maret 2020. Pelaksanaan wisuda yang ke XXXI yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Maret juga untuk saat ini akan ditangguhkan sementara. Proses PKL juga untuk saat ini ditangguhkan sampai batas waktu ditentukan berikutnya. Berikut surat edarannya Download

 

8. Universitas Santo Thomas

daftar-kampus-di-medan-dan-sekolah-di-sumatera-utara-yang-libur-akibat-virus-coronaUniversitas Santo Thomas melalui surat edaran dari Rektor nomor 1190/UKS/A.52/2020 menghimbau kepada seluruh mahasiswa dan dosen bahwa perkuliahan dilakukan dengan metode  SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) dan meniadakan perkuliahan tatap muka selama 14 hari kedepan. Surat edaran ini juga menunda kegiatan seminar, praktikum, dan kegiatan lainnya selama 14 hari kedepan. Surat edaran ini mulai berlaku pada tanggal 18 Maret 2020 sampai  dengan 31 Maret 2020. Berikut Surat Edarannya Download.

 

9. Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

daftar-kampus-di-medan-dan-sekolah-di-sumatera-utara-yang-libur-akibat-virus-coronaDalam Surat Edaran Rektor Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Nomor 295/UMN-AW/A.16/2020 menghimbau kepada dosen dan mahasiswa agar melakukan perkuliahan dengan sistem online dengan memanfaatkan layanan seperti WA, Google Classroom, Line, Skype, dll  mulai tanggal 17 Maret 2020 sampai dengan 4 April 2020. Ujian Tengah Semester juga dilakukan secara daring. Berikut Surat Edarannya Download 

 

10. STKIP ALMAKSUM LANGKAT

daftar-kampus-di-medan-dan-sekolah-di-sumatera-utara-yang-libur-akibat-virus-coronaSurat Edaran untuk memutus rantai virus corona juga dilakukan pada STKIP ALMAKSUM LANGKAT dalam surat Edaran No 01/STKIP.AM/SEK.01/III/2020. Dalam surat edaran tersebut ketua STKIP ALMAKSUM LANGKAT menghimbau kepada seluruh dosen, staf dan mahasiswa untuk menjaga kesehatan dan tidak bepergian dahulu ke Luar Negeri. Proses belajar untuk beberapa saat ditangguhkan dahulu sampai batas waktu yang sudah ditentukan yaitu tanggal 3 April 2020. Berikut adalah Surat Edarannya Download

 

11. STIKES HELVETIA

daftar-kampus-di-medan-dan-sekolah-di-sumatera-utara-yang-libur-akibat-virus-coronaSurat Edaran No 391/SE/RKTR/IKH/III/2020 menjelaskan bahwa perkuliahan akan dilakukan secara online mulai tanggal 17 Maret 2020 sampai 28 Maret 2020. Metode perkuliahan dilakukan dengan menggunakan E-Learning, Webinar, dll. Kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PKBL) juga dihimbau untuk mengurangi interaksi dengan orang lain dengan tidak mengumpulkan masyarakat. Dalam surat ini juga menjelaskan bahwa akan membatalkan seluruh kegiatan seperti seminar, pelatihan dan kegiatan kemahasiswaan lainnya terhitung mulai tanggal 17 Maret 2020 sampai 28 Maret 2020. berikut adalah Surat Edarannya Download.

 

12.  Sekolah SMK, SMA, SLB Negeri/Swasta Sumatera Utara

Berdasarkan Surat Edaran Gubernur Sumatera Utara Nomor 440/2666/2020 menghimbau untuk sekolah SMK, SMA, SLB Negeri dan Swasta untuk melakukan pembelajaran secara daring mulai tanggal 17 Maret 2020 sampai 3 April 2020 bagi siswa kelas X dan XI. Bagi siswa kelas XII yang sedang melaksanakan UNBK, tetap melaksanakan UNBK tanpa ada penundaan.

Apakah kamu siswa kelas X dan XI ? mungkin ini adalah kabar yang sangat menggembirakan bagi kamu yang ingin liburan ke suatu tempat. Tapi perlu di ingat ya, bahwa libur kali ini bukanlah waktu yang tepat untuk kamu pergi berlibur. Surat Edaran tersebut menghimbau kepada kita untuk tetap dirumah tanpa banyak berinteraksi dengan banyak orang agar memutus rantai penyebaran virus corona yang sudah semakin cepat menyebar di berbagai Negara, Khususnya di Indonesia. Berikut surat edarannya Download

 

Itulah beberapa Universitas atau Perguruan Tinggi di Medan dan Sekolah di Sumatera Utara yang mengeluarkan surat edaran untuk libur beberapa hari dikarenakan virus corona yang sudah menyebar luas. Selain nama kampus diatas, ada juga beberapa nama kampus yang tidak disertakan dikarenakan kurangnya mendapat informasi. Jika ada kampus lain yang kamu tahu juga melakukan hal yang sama, silahkan lampirkan di kolom komentar.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!