Daftar Berita HOAX Tentang Covid 19 Tahun 2020

Kumpulan Berita Hoax Terkait Virus Corona

0 261

Daftar Berita HOAX Tentang Covid 19 Tahun 2020 – Memasuki tahun baru 2020, dunia digemparkan dengan berita tentang virus yang sangat mematikan yaitu Virus Corona. Virus ini berasal dari Negara China tepatnya di Kota Wuhan. Dengan mulai tersebarnya virus tersebut ditengah teknologi yang sudah sangat canggih, maka berita-berita palsu/hoax pun mulai beredar luas mengenai virus ini. Hoax merupakan satu tindakan yang tidak terpuji karena dapat merugikan orang lain dengan membuat orang lain resah, tertipu, dll.

Di Indonesia sendiri, Hoax merupakan satu tindakan yang dapat dipidanakan, hal ini tertuang pada Pasal 28 ayat 2 itu berbunyi, “Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukkan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)”. Dengan adanya KUHP tersebut, maka diharapkan kita sebagai warga negara Indonesia yang baik untuk tidak mudah dalam menyebarkan berita yang belum diketahui kebenarannya atau diragukan kebenarannya.

Memasuki bulan Februari dan Maret, perkembangan virus corona di Indonesia semakin meningkat dan berita hoax juga semakin meningkat. Berikut adalah beberapa berita hoax yang tersebar di sosial media.

1. Bawang Putih Dapat Melindungi Diri Dari Virus Corona

Bawang putih memang memiliki sifat antimikroba yang baik, tetapi sejauh ini belum ada yang dapat membuktikan bahwa jika kita mengkonsumsi bawang putih dapat melindungi diri dari virus Corona ini.

 

2.  Virus Hanya Menyerang Orang Lanjut Usia

Fakta dilapangan membuktikan bahwa virus ini dapat menyerang semua kalangan usia. Terbukti anak kecil pun sudah ada yang terkena virus ini. Hanya saja usia lanjut lebih rentan terkena karena imunitas usia lanjut tidak sebaik usia muda.

“Jadi, berita ini HOAX. Faktanya adalah Virus Corona dapat menyerang siapa saja”

 

3. Adanya Penyemprotan Racun Virus Corona dari Malaysia dan Singapore

Beredar informasi yang mengatakan bahwa pihak Malaysia dan Singapore akan melakukan penyemprotan racun untuk virus corona, maka dengan itu dihimbau kepada masyarakat untuk tidka keluar rumah sampai hujan berhenti. Faktanya berita ini HOAX. Berikut ini pesan HOAX yang beredar luas:

Pemberitahuan bahwasannya nanti mlm pada pukul 23.00 wib agar kita tidak ada yg keluar rumah,jika ada menjemur pakaian atau makanan segera diangkat dibawa masuk, karena mulai pukul 23.00 wib akan ada penyemprotan racun untuk virus corona dari malaysia dan singapore melalui udara, bila besok pagi hujan jgn keluar rumah dulu sampai hujan berhenti..mohon beritahukan kepada keluarga,sahabat atau tetangga bapak ibu sekalian. Trima kasih

“Berita ini terbukti HOAX dengan beredarnya surat klarifikasi dari Malaysia”

daftar-berita-hoax-tentang-covid-19-tahun-2020

 

4. ODP Kabur di Binjai Sumatera Utara

Beredar kabar di sosial media bahwa ODP di Binjai kabur karena ingin menyebarkan virus corona ke orang lain. Pesan ini sangat cepat tersebar, sehingga membuat warga Binjai menjadi resah. Dan tidak lama setelah beredarnya berita tersebut, pihak keluarga dengan segera memberikan klarifikasi bahwa berita tersebut adalah HOAX.

“Jadi dimohonkan kepada seluruh warga khususnya warga Binjai untuk tidak menyebarkan berita ini lagi. Karena akan merugikan beberapa pihak”

daftar-berita-hoax-tentang-covid-19-tahun-2020 daftar-berita-hoax-tentang-covid-19-tahun-2020

5. Berita Untuk Tidak Keluar Rumah Pada Tanggal 28 Maret 2020

Beredar informasi bahwa pada tanggal 28 maret 2020 untuk tidak keluar rumah untuk mencari makanan, faktanya dari sumber terpercaya detik.com bahwa berita itu dipastikan HOAX.

daftar-berita-hoax-tentang-covid-19-tahun-2020

6. Kabupaten Gianyar Akan Ditutup Mulai Tanggal 26-28 Maret 2020 Untuk Mengantisipasi Merebaknya Virus Corona

Viral sebuah pesan berantai yang mengatakan bahwa Kabupaten Gianyar akan ditutup terkait virus corona. Tetapi faktanya melalui Konfirmasi dari Bapak Bupati Gianyar Made Mahayastra mengatakan bahwa berita itu HOAX. Berita ini tercantum dalam situ resmi dari Kominfo

daftar-berita-hoax-tentang-covid-19-tahun-2020

 

7. Jakarta Lockdown Mulai 28 Maret

Beredar berita HOAX bahwa Pemprov DKI Jakarta akan menerapkan Lockdown pada tanggal 28 Maret. Faktanya dilansir dari sumber berita detik ketika dimintai konfirmasi melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta, Atikah Nur Rahmania mengatakan bahwa berita itu tidak benar.

 

8. Video Bayi Bicara Mengatakan Telur Rebus Penangkal Virus Corona 

Berita ini sangat aneh muncul ditengah virus corona yang semakin ganas. Faktanya berita tersebut adalah HOAX. Masyarakat dihimbau untuk lebih cerdas lagi menghadapi berbagai macam berita yang beredar. Masyarakat diharapkan jangan terlalu mudah percaya dengan berita yang beredar tanpa adanya konfirmasi dari pihak terkait perihal valid atau tidaknya berita tersebut. Karena selain merugikan orang lain, dapat juga merugikan kita sendiri sebagai penyebar berita karena kita sudah menyebarkan berita HOAX.

 

9. Bapak Presiden RI Joko Widodo Berlakukan Karantina Parsial

Berita yang beredar mengatakan bahwa Presiden Jokowi sudah menerapkan karantina parsial. Namun faktanya melalui informasi dari Sekretariat Presiden memastikan jika pesan yang beredar adalah HOAX.

 

Dengan adanya berita yang beredar di sosial media, maka dengan ini kita harus lebih cerdas dalam menyikapi berita-berita yang masuk ke pesan sosial media kita. Jika berita yang kita terima tidak bersumber, jangan di share lagi ke orang lain. Pastikan berita yang akan kita sebar sudah terbukti kebenarannya. Karena jika kita menyebarkan berita yang tidak benar/Hoax, maka akan merugikan diri kita sendiri. Cerdaslah sebelum share.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!