Cara Mengatasi Masalah Maximum Space For Upload Directory Exceeded Pada OJS 3

806

Webkuliah.comCara Mengatasi Masalah Maximum Space For Upload Directory Exceeded Pada OJS 3  – Bagi pengelola jurnal tentu mengupload file berupa gambar bukanlah hal yang asing. Hal ini bertujuan untuk mempercantik tampilan OJS yang dikelolanya. Gambar yang kita upload tentu akan tersimpan di direktory OJS. Tentu hal ini harus kita sikapi, karena semakin banyak file foto yang kita upload, maka akan semakin banyak space yang diperlukan untuk menyimpan file tersebut.

Pada pengelola OJS 3 akan menjumpai masalah dimana ketika mengupload file berupa gambar tetapi tidak bisa. OJS akan menampilkan pesan Cara Maximum Space For Upload Directory Exceeded. Hal ini terjadi karena direktory OJS kita tidak cukup untuk menampung file yang akan kita upload nantinya. Laliu bagaimana cara menyelesaikannya ? Berikut adalah Cara Mengatasi Masalah Maximum Space For Upload Directory Exceeded Pada OJS 3 :

Baca Juga : Cara Membersihkan Laptop Dari Virus

A. Cara Mengatasi Masalah Maximum Space For Upload Directory Exceeded Pada OJS 3
1. Login ke Cpanel Hosting anda. 
Cara masuk ke cpanel anda adalah dengna mengetik nama web anda kemudian /cpanel. Contoh nama web saya adalah jurnal.ahmadiya.ac.id, maka ketikkan di browser anda jurnal.ahmadiya.ac.id/cpanel. Maka nanti akan tampil seperti gambar dibawah ini.
User dan password silahkan minta dengan admin yang mengelola Cpanel tersebut.
2. Setelah login, lalu masuk ke File Manager yang ada di Cpanel.
https://webkuliah.com/cara-mengatasi-masalah-maximum-space-for-upload-directory-exceeded-pada-ojs-3/
3. Lalu pilih folder jurnal anda. Pilih Folder “Jurnal” pada gambar dibawah.
Nama folder ini tergantung dari anda dulu ketika membuat ojs namanya apa.
https://webkuliah.com/cara-mengatasi-masalah-maximum-space-for-upload-directory-exceeded-pada-ojs-3/
4. Kemudian cari file “config.inc.php”.
File tersebut berisi bahasa pemrograman, jadi anda bisa menggunakan text editor (Visual Studio Code, Sublime Text, Code Block, Notepad ++, dll) untuk membukanya.
5. Jika file dibuka maka akan tampil text yang sangat banyak. Silahkan cari text seperti gambar berikut, jika sudah ketemu silahkan ganti angkanya menjadi 50000 (contoh) kalian bisa menggantinya sesuai keinginan. Lalu simpan
6. Setelah itu refresh web OJS nya dan silahkan coba upload gambar lagi.
7. Selesai

Cara tersebut berdasarkan pengalaman saya pribadi yang mengalami hal tersebut dan hasilnya berhasil. Selamat mencoba.

Demikianlah Cara Mengatasi Masalah Maximum Space For Upload Directory Exceeded Pada OJS 3. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pengelola jurnal.

Comments are closed.