8 Surah Dalam Al-Quran Untuk Ibu Hamil

0 228

Kumpulan Surah Dalam Al-Quran Untuk Ibu Hamil

Kumpulan Surah Dalam Al-Quran Untuk Ibu Hamil – Alquran adalah wahyu yang dikirimkan Allah untuk manusia agar manusia mempunyai pedoman dalam hidup. Seluruh kehidupan kita di dunia telah diatur di Al-Quran, termasuk dalam mendidik anak. Pada postingan ini webkuliah akan menyajikan informasi tentang kumpulan surah dalam Al-Quran untuk ibu hamil atau referensi bagaimana sikap kita secara syar’i sebagai suami atau istri yang sedang hamil atau bahkan mungkin anak anda sudah lahir. Nah bagi kamu yang anaknya sudah lahir, selamat ya sobat kuliah, semoga anak dan juga ibunya sehat ya sobat kuliah. Pada postingan ini akan saya jelaskan surah apa saja yang baik dibacakan ketika bunda sedang hamil. Tapi ingat y bunda, bacakan surah ini setiap harinya, baik itu disaat sedang santai dengan suami, selesai sholat, atau diwaktu khusus bunda untuk mengaji. Insha Allah kita berdoa agar anak yang bunda kandung nanti menjadi anak yang cerdas y bunda.

Manfaat Dibacakan Ayat Suci Al-Quran untuk Janin

Mempunyai keturunan adalah idaman setiap suami istri. Maka tidak heran jika banyak pasangan suami istri melakukan berbagai cara agar mendapatkan keturunan bahkan banyak yang rela menghabiskan biaya ratusan juta rupiah untuk mendapatkan keturunan melalui program bayi tabung. Dalam agama Islam, kegiatan manusia sudah diatur di dalam Al-Quran, Sunnah, dan Hadist. Dalam hubungan rumah tangga pun Islam mengajarkan bagaimana cara mendapatkan anak yang sholeh dan sholeha. Mulai dari proses melakukan hubungan biologis, hamil, melahirkan hingga membesarkan. Dalam ajaran agama Islam, kita dianjurkan membaca doa ketika akan berhubungan biologis dengan pasangan halal kita. Fungsinya adalah agar hubungan biologi yang anda lakukan dilindungi dari Syaitan dan diberkahi oleh Allah SWT. Doa yang dapat dibaca adalah sebagai berikut :

 

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

“Bismillah, Allahumma jannibnaassyyaithaana wa jannibi syaithoona maarazaqtanaa”.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.

1. Menstimulasi Janin Sejak Dini

Menstimulasi janin sejak dini sangat penting bagi seorang ayah dan bunda, karena akan berpengaruh terhadap kecerdasan anak dimasa depan. Pada usia 1000 hari adalah usia dimana sejak dalam kandungan jaringan sel-sel otak bayi sudah berkembang sangat pesat. Maka dari itu kita sebagai calon ayah dan bunda harus mengerti bahwa stimulasi sangat penting di usia ini untuk mendukung perkembangan si buah hati agar otak si bayi dapat berkembang dengan maksimal.

2. Dapat Mencerdaskan Janin

Bagi kita yang beragama Islam yang kaffah, akan sangat percaya jika ayat-ayat suci Al-Quran mampu membuat si buah hati tumbuh dengan cerdas. Sel-sel otak si buah hati yang berkembang pesat membuat kerja otak menjadi lebih optimal, sehingga si buah hati insha allah tumbuh menjadi anak yang cerdas.

3. Memberi Ketenangan Bayi Dalam Kandungan

Sungguh Allah menurunkan agama Islam dengan sangat sempurna, tidak terkecuali dengan lantunan-lantunan ayat suci Al-Quran yang dapat kita baca dengan baik. Sungguh, bacaan Al-Quran mampu menenangkan hati yang sedih, dan juga pastinya menenangkan bayi yang berada di dalam kandungan. bayi akan merasakan ketenangan dengan lantunan ayat suci Al-Quran yang anda bacakan. Gelombang bunyi dan frekwensi dari bacaan surah yang ada di Al-Quran menimbulkan pengaruh yang besar terhadap bayi, sehingga kemampuan konsentrasi dan kreativitas pada buah hati akan terlatih.

4. Mempengaruhi Psikologi Ibu dan Bayi

Bacaan ayat-ayat suci Al-Quran mampu membuat suasana menjadi tenang, menyejukkan hati dan juga otak manusia. Bacaan ayat-ayat suci Al-Quran mampu menghilangkan kegelisahan, keresahan, dan juga rasa takut bagi yang mendengarkan. Secara psikologis seorang ibu hamil akan merasakan ketenangan dalam proses mengandung. Hal ini baik jika ibu yang mengandung selalu dalam keadaan yang tenang, dan secara tidak langsung akan berdampak pada kebaikan bayi yang sedang dikandungnya.

Ketika istri sedang hamil, Islam juga mengajarkan untuk sering-sering dibacakan doa-doa atau surah-surah di dalam Al-Quran agar anak nantinya lahir dengan fisik dan mental yang sehat dan insha allah sholeh dan sholeha. Dalam Islam juga diajarkan bagaimana kiat-kiat supaya ayah dan bunda mengerti bagaimana sikap yang harus anda lakukan ketika istri anda sedang mengandung buah hati tercinta anda. Berikut adalah surah yang ada dalam Al-Quran yang bisa kamu bacakan ketika kamu sedang hamil atau istri kamu sedang hamil :

Surah Alfatihah

Surah ini berfungsi untuk menerang hati dan kuat ingatan si buah hati. Bacakan surah ini dalam kondisi apapun. Misalnya sedang santai dengan pasangan anda, atau ketika akan tidur, atau selesai Shalat. Semoga dengan seringnya dibacakan surah ini, insha allah anak kita akan lunak hatinya

Surah Yusuf

Surah Yusuf dalam Al-Quran ada pada juz 12. Bacakan surah ini agar nantinya anak ketika dilahirkan dan tumbuh dewasa takut dengan Zina. Seperti Nabi Yusuf yang menolak untuk berzina dengan perempuan yang menggodanya.

Surah Yasin

Surah ini jika dibacakan akan membuat hati yang membaca menjadi tenang dan menenangan buah hati yang masih di dalam kandungan. Dengan dibacakan surah ini, kita berdoa supaya si buah hati tidak terpengaruh dengan godaan syaitan nantinya.

Surah Luqman

Bacakan surah ini supaya buah hati tercinta anda menjadi anak yang cerdik. Kita berdoa supaya anak yang dikandung ketika dewasa menjadi anak yang cerdik

Surah Maryam

Nah, bagi bunda yang akan melahirkan, sering-seringlah membaca surah ini supaya memudahkan bunda untuk bersalin ya. Dan ketika anak lahir, insha allah akan memperoleh anak yang sabar dan taat. Aamiin. Sungguh menyenangkan jika memiliki anak yang sabar dan taat y bunda

Surah Hujurat

Bagi bunda yang sudah melahirkan, pastinya bunda ingin memberikan ASI terbaik kan ? nah bacakan surah ini untuk memperbanyak air susu bunda & anak yang meminum air susu bunda, insha allah bersikap hati-hati.

Surah Tawbah

Bacakan surah ini supaya buah hati yang sudah lahir nantinya bersih jiwa dan terpelihara dari maksiat. Bacakan surah ini sambil mengelus-elus perut y bunda, agar anak merasakan kasih sayang dari bundanya

Surah An-Nahl ayat 78

Surah An-Nahl ayat ke 78 dalam Al-Quran menjelaskan tentang kelahiran manusia ke dunia dan juga tugasnya sebagai Khalifah. Surah An-Nahl ini dibacakan pada ibu hamil supaya nanti anaknya yang lahir selalu bersyukur akan segala sesuatu yang diberikan oleh Allah SWT.

Bagaimana ? apakah informasi ini memberikan manfaat untuk ayah dan bunda ? semoga bermanfaat ya. Demikianlah artikel tentang Kumpulan Surah Dalam Al-Quran Untuk Ibu Hamil yang bisa saya share. Jangan lupa ya ayah dan bunda, bacakan surah-surah tersebut rutin kepada bunda yang sedang hamil, Inshaa Allah anak anda nantinya lahir dalam keadaan yang sehat, ibunya juga sehat,  paham agama dan menjadi anak sholeh dan sholeha ya sobat kuliah. Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!