Materi Mikrotik MTCNA

0 148

Materi Mikrotik MTCNA – Mikrotik saat ini mikrotik sudah sangat banyak digunakan di perkantoran dan perusahaan besar. Mikrotik juga saat ini sedang gencar-gencarnya melatih teknisi-teknisi yang ahli di bidang mikrotik. Postingan kali ini yang akan saya bagi adalah materi Mikrotik MTCNA.

Sebelum memulai, apakah anda sudah tahu apa itu mikrotik ? atau pernah dengar tapi tidak tahu apa itu mikrotik ? atau sudah tahu tapi belum memiliki sertifikasinya ? Tenang ya sobat. Disini akan saya share penjelasan tentang materi mikrotik MTCNA dan Sertifikasinya. Kebetulan juga saya juga sudah tersertifikasi untuk Mikrotik ini, tapi masih MTCNA. Baik, tanpa perlu panjang lebar, akan saya jelaskan apa itu Mikrotik dan Sertifikasinya.

Pengertian Mikrotik

Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang sangat populer di kalangan engineer network digunakan untuk menjadikan komputer berperan sebagai network, pengendali, dan atau pengatur lalu lintas antar jaringan yang luas dan padat. Alat jenis ini disebut dengan Router. Router ini berfungsi sebagai media penghubung dan pengatur antara dua buah jaringan atau lebih yang berguna dalam meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Mikrotik umumnya disebut dengan Router OS yang memiliki fungsi dengan kemampuan yang handal dan punya banyak sekali fitur yang mendukung kelancaran network. Mikrotik ini sangat mudah digunakan, karena user interface pengaturannya sangat memudahkan kita sebagai teknisi. Cara mensetting mikrotik juga tergolong mudah, maka jangan heran banyak para engineer menggunakan mikrotik. Tidak terkecuali sekolah juga banyak yang menggunakan produk ini, Universitas, kantor, perusahaan dll. Mikrotik memilik banyak sekali produk. Produk tersebut mulai dari Router, Switch, Antena, Wireless, dll. Produk mikrotik dapat anda beli di situs resminya yaitu di www.mikrotik.co.id. Di situs resminya, kamu bisa memilih banyak pilihan produk dan juga harga yang sesuai dengan kemampuan kantong kamu.

Dengan adanya produk Mikrotik ini, Mikrotik juga mengeluarkan lisensi bagi para engineer network. Bagi kamu yang ingin mendapatkan sertifikasi ini, kamu harus mempelajari materi-materi tentang Mikrotik. Mikrotik menawarkan beberapa pilihan sertifikasi dan tingkatan kesulitan yang berbeda-beda, mulai dari MTCNA hingga MTCINE. Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi, ada yang Rp 2.500.000 dan ada juga yang lebih dari itu.

Sertifikasi Mikrotik

Berdasarkan kebutuhan dan kemampuan masing-masing dari produk mikrotik. Sertifikasi ini pun dibagi menjadi beberapa bagian. Berikut adalah tingkat sertifikasi pada Mikrotik.

materi-mikrotik

Gambar 1. Level Sertifikasi Mikrotik

Sumber : Mikrotik

Tingkatan pertama yang harus kamu lakukan supaya bisa mengikuti sertifikasi lainnya adalah mengikuti dan lulus pada ujian MTCNA. Ujian level ini adalah level paling rendah. Level ini masih level pengenalan dan mensetting beberapa pengaturan yang ada produk Mikrotik. Nah, setelah kamu lulus MTCNA, maka kamu boleh memilih sertifikasi yang mana lagi yang akan kamu ikuti. Apakah itu MTCRE, MTCWE atau yang lainnya. Semua tingkatan memiliki standart yang berbeda. Ada yang fokus ke Switching, ke Routing, ke Wireless, ke Security, dll. Jadi setelah kamu lulus MTCNA, maka pikirkanlah bidang yang mana yang harus kamu ikuti selanjutnya.

Ujian ini bisa kamu ikuti di Indonesia. Ada banyak lembaga yang kamu bisa daftar disana untuk mengikuti ujian ini. Di Indonesia yang sudah resmi adalah Citra Web. Disana kamu bisa ikut pelatihan atau ujian langsung jika ingin mengambil sertifikasi ini. Pengalaman saya pada tahun 2017 mengikuti pelatihan dan ujian MTCNA cukup mudah. Saya dilatih selama kurang lebih 3 hari mulai dari pagi sampai sore dan ujian dengan menggunakan bahasa Inggris. Jadi bagi kamu yang ingin mengikuti sertifikasi ini juga harus memiliki dasar bahasa Inggris yang baik. Karena jika tidak, bagaimana mungkin kamu bisa menjawab kalau kamu saja tidak mengerti apa yang ditanya karena tidak mengerti bahasa Inggris. Ujian akan diberikan waktu sekitar 60 menit dengan jumlah soal sebnyak 25 soal. Jika kamu gagal dalam ujian pertama, maka kamu bisa mendapat 1 kesempatan lagi untuk ujian pada hari yang sama. Tapi jika ujian kedua gagal, maka tidak ada lagi ujian mengulang. Artinya kamu harus mendaftar lagi untuk mengikuti ujian ini. Maka berlatihlah dengan baik dan serius jika kamu ingin lulus sertifikasi ini.

Nah, bagi kamu yang ingin mengambil sertifikasi MTCNA, berikut materi yang bisa kamu pelajari sebelum memutuskan untuk benar-benar mengambil MTCNA. Materi ini saya dapatkan ketika saya mengikuti pelatihan dan ujian MTCNA di Medan. Materi ini kami gunakan dari awal sampai akhir pelatihan dan alhamdulillah saya lulus MTCNA. Tapi sekarang masa aktifnya akan habis karena sudah masuk tahun ke 3.

Sertifikat MTCNA

materi-mikrotik

Gambar 2. Sertifikat MTCNA

Nah, jika kamu ingin mengikuti sertifikasi ini, berikut saya share materi yang bisa kamu jadikan bahan belajar untuk diri sendiri, dan ini juga menjadi dasar pemikiran apakah kamu mampu dengan materi tersebut, jika kamu merasa mampu, daftarkan diri kamu segera agar bisa mengikuti ujian MTCNA, tapi jika tidak, pelajari saja dulu sampai kamu benar-benar bisa. Atau juga kamu bisa mengikuti pelatihan sekaligus ujiannya. Tapi dengan cara ini memang agak sedikit mahal, tapi biasanya instruktur akan mengajari anda dengan baik hingga lulus. Karena kalau tidak lulus, maka reputasi mereka juga akan menjadi jelek.  Berikut adalah materi yang bisa kamu gunakan. Silahkan Download sepuasnya.

  1. Introduction Download
  2. Installation Download
  3. Basic Config Download
  4. Bridge Switch Route New Download
  5. Wireless Download
  6. Queue New Download
  7. VPN Download
  8. Pengenalan Mikrotik Download
  9. Aplikasi dan Penggunaan Mikrotik Download
  10. Installasi PC Router Download
  11. Konfigurasi Dasar Mikrotik Download

Baca Juga : Materi Cisco CCNA dan CCNP

Nah itulah tadi penjelasan saya tentang Materi Mikrotik MTCNA dan sertifikasinya. Mudah-mudahan informasi diatas bisa membuat kamu yang tadinya tidak paham menjadi paham atau yang tadinya paham menjadi semakin paham. Semoga materinya bermanfaat & semoga lulus MTCNA.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!