Cara Menginstall Aplikasi Ujian Online

0 189

Cara Menginstall Aplikasi Ujian Online – Halo sahabat kuliah, kembali lagi bersama saya dengan postingan-postingan terbaru dan semoga tidak membosankan y sobat. Nah, kali ini saya akan memberikan referensi kepada kamu semua tentang sebuah alikasi ujian online. Seperti yang kita ketahui semua, pada zaman ini semua sudah dalam bentuk digitalisasi. Baik itu uang dalam bentuk digital, data siswa sekolah digital, ujian CPNS pun sudah digital, maka tidak heran jika saat ini semua orang, perusahaan, komunitas, dll berlomba-lomba untuk mengikuti zaman yaitu zaman serba digital, tidak terkecuali dunia pendidikan.

Seperti yang sudah kita ketahui juga sobat kuliah, beberapa tahun kebelakang, sistem pendidikan kita sudah menggunakan ujian online pada Ujian Nasional yang kita kenal dengan nama UNBK (Ujian Nasional berbasis Komputer). Hampir rata-rata sekolah sudah menggunakan aplikasi ini, terkecuali di tempat-tempat tertentu yang memang akses listrik dan internet masih terbatas. Dengan adanya UNBK seperti ini, maka sekolah juga berlomba-lomba untuk membuat ujian semester berbasis komputer pada sekolahnya masing-masing dengan berbagai tampilan.

Nah, pada postingan kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara mendapatkan aplikasi UNBK yang bisa kita gunakan untuk ujian semester di sekolah kita. Aplikasi ini bisa digunakan online ataupun offline. Aplikasi ini bukan buatan saya, aplikasi ini merupakan buatan dari Puspendik. Aplikasi ini sudah banyak beredar dipasaran dengan harga yang berbeda-beda, hingga ada juga yang menjual hingga jutaan. Aplikasi ini memang cukup bergengsi, karena aplikasi ini 100 % mirip dengan aplikasi UNBK tahun lalu (tahun ini tampilan user siswa sudah berubah). Aplikasi ini mampu menampung ribuan user, tapi itu juga tergantung dari servernya ya guys. Aplikasi ini secara pribadi sudah pernah saya coba dengan jumlah siswa lebih dari 1000 dan menggunakan 6 lab dengan jumlah komputer sekitar 200 unit, dan hasilnya lancar jaya.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan dengan murah di lapak kami di Tokopedia atau di Bukalapak. Silahkan dikunjungi dan di order ya. Jika kamu sudah memiliki aplikasi ini, disini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara menginstallnya. Caranya cukup mudah sekali, kira-kira hanya memerlukan waktu 15 menit saja untuk menginstallnya di 1 komputer server. Tanpa berlama-lama, berikut adalah cara menginstallnya :

Pertama sekali yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan filenya. Kemudian menginstallnya hingga nantinya tampilan pada komputer siswa seperti gambar dibawah ini

cara-menginstall-aplikasi-ujian-online

Gambar 1. Tampilan Utama CBT

 

Cara Menginstall CBT 

A. Cara Membuat Soal Ujian

  1. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita membuat soal dengan menggunakan M. Word. Mudah sekali bukan ? ya, kita menggunakan aplikasi M. Word untuk mengetik soal. Template soal sudah terlampir di file yang sudah anda beli di Tokopedia, Bukalapak atau anda beli di lapak lain tidak masalah. Ketik soal yang ingin kamu buat sesuai format yang sudah disediakan seperti tampak pada gabar dibawah ini :

cara-menginstall-aplikasi-ujian-online

Gambar 2. Tampilan Utama Membuat Soal

 

2. Jika soal sudah selesai dibuat, selanjutnya adalah mempublish soal tersebut dengan cara seperti tampak pada gambar berikut. Klik menu “Manage Accounts” lalu akan muncul pop up, lalu klik New, dan isi alamat Blog Post URL dengan “http://localhost/cbt/xmlrpc.php” atau dengan alamat IP Address yang anda jadikan sebagai alamat website anda. Misalnya yang tadinya alamat CBT ini localhost/cbt, karena anda ganti menjadi IP Address maka akan menjadi “http://192.168.0.254/cbt/xmlrpc.php” (contoh saja). Kemudian isi user admin “admin” dan password “12345”. User dan Password bisa anda rubah sesuai keinginan. Kemudian klik “OK”

cara-menginstall-aplikasi-ujian-online

Gambar 3. Cara Publish Soal

 

Cara Membuat Jawaban Soal

  1. Buka file Microsoft Excel yang sudah disiapkan seperti gambar dibawah ini. Pada file M. Excel ini kita dapat atur waktu /jam ujian, jawaban ujian, tanggal ujian, peserta ujian, berita acara. Pada isian Server kita isi dengan alamat yang tadi kita buat di publish soal. Untuk kode test kita isi sesuai dengan nama file yang kita save. Misal file excel kita save dengan nama “BAHASA INDONESIA”, maka nama di kode test  dan  nama test juga harus ” BAHASA INDONESIA”. Isi tanggal sesuai dengan tanggal ujian, dan waktu tes isi dengan jam berapa dimulai ujiannya yang akan kita berikan pada peserta ujian. Kemudian alokasi waktu di isi  dengan berapa menit waktu yang kita berikan untuk peserta ujian.  Dan untuk “Yang Hatus Dikerjakan” di isi berapa jumlah soal yang harus dikerjakan . Ingat y sobat, jika kita membuat hanay 35 soal, tetapi di isian “Yang Harus Dikerjakan” anda isi lebih dari 35 soal, maka nantinya siswa tidak akn bisa menyelesaikan soal, karena tombol soal tidak akan muncul akibat jumlah soal yang harus dikerjakan lebih banyak dari soal yang harus dijawab. Jadi harus teliti ya soobat kuliah.  Jangan lupa isi jawaban soal dengan cara mengetik jawaban “A,B,C atau D” pada form disebelah “Grouping”. Dan disebelahnya lagi adalah bobot soal yang harus anda isi. Nilai bobot soal bebas anda isi berapa tergantung dari kesulitan soal. Misal soal 1 dengan bobot nilai 3, soal 2 dengan bobot 2,5. cara-menginstall-aplikasi-ujian-online

Gambar 4. Tampilan Excel Untuk Membuat Jawaban, Waktu, Dll

 

2. Kemudian pada sheet “Peserta” jangan lupa untuk mengisi data-sata peserta ujian. Data ini bebas anda isi apa pada username dan password. Tidak ada ketentuan khusus disini.

 

cara-menginstall-aplikasi-ujian-online

Gambar 5. Tampilan Peserta Ujian Pada File Excel

 

3. Pada sheet sebelahnya yaitu “HASIL” berfungsi untuk melihat siswa mana saja yang sudah login dan soal mana saja yang sudah dikerjakan oleh siswa dan juga nilai hasil ujian muncul di sheet ini.

cara-menginstall-aplikasi-ujian-online

Gambar 6. Hasil Peserta Ujian

 

Cara Siswa Melakukan Ujian 

 

  1. Kunjungi web browser, kemudian ketikkan alamat CBT atau IP Address yang sudah dibuat (contoh : 192.168.10.10/cbt) kemudian akan tampil seperti gambar dibawah ini.  Jika tidak tampil seperti dibawah ini, ada kemungkinan anda salah memanggil alamat aplikasi ini, mungkin adan tidak ada merubah alamatnya menjadi IP Address. Jika tidak ada merubahnya, maka yang anda kunjungi pada URL adalah “localhost/cbt” cara-menginstall-aplikasi-ujian-online

Gambar 8. Tampilan Utama Peserta Ujian Untuk Login

 

     2. Setelah proses login, peserta ujian yang akan melakukan ujian mendapat token otomatis dan terisi pada form token seperti tampilan dibawah ini.

cara-menginstall-aplikasi-ujian-online

Gambar 9. Tampilan Peserta Siap Untuk Ujian

 

3. Kemudian peserta ujian siap untuk menjawab soal yang sudah di upload.

Gambar 10. Soal Ujian Di Komputer Siswa

 

4. Setelah proses ujian selesai, siswa dapat melihat nilai hasil ujian secara langsung.

Gambar 11. Nilai Hasil Ujian Peserta Ujian

Baca Juga : Cara Menginstall WordPress

Baca Juga : Cara Install Theme Divi Di WordPress

Menu Administrator

Sebagai administrator, kamu memiliki hak akses yg bisa diakses untuk setting biodata sekolah, proktor, kartu ujian, dll. Berikut adalah tampilannya

Gambar 12. Tampilan Administrator

 

Selain pada tampilan tersebut, Proktor atau teknisi juga memiliki hak akses untuk melihat peserta ujian, sesi ujian, dll seperti gambar berikut

Gambar 13. Tampilan Login Proktor

 

Gambar 14. Tampilan Login Proktor

Baca Juga : Cara Membuat Web Dengan Divi

Baca Juga : Cara Install Web PPDB Online

Bagaimana sobat kuliah ? mudah bukan Cara Menginstall Aplikasi Ujian Online ? Jika kamu berminat pada website ini, silahkan kunjungi lapak kami  di Tokopedia

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!