Cara Install Web PPDB Online

1,048

Cara Install Web PPDB Online – Halo sobat kuliah, kali ini saya akan memberikan tutorial bagimana menginstall website profil sekolah & PPDB Online. Website ini menggunakan Framework Codeigniter. Pada postingan kali ini, saya akan menjelaskan cara mengupload web dengan domain langsung. Nah bagi kamu yang belum memilik domain, bisa upload web ini secara local pada laptop/komputer desktop anda. Bagi kamu yang belum mengerti bagaimana caranya mengupload website ini, berikut tata caranya.

Cara Upload Web Sekolah di Cpanel

Untuk mengupload website ini, pastikan anda sudah memiliki filenya, jika belum, kamu bisa membelinya dengan harga yang murah di Tokopedia dan Bukalapak. Kali ini saya akan menjelaskan cara mengupload dengan sub domain. Sub domain ini digunakan ketika kita akan mengupload banyak website di satu domain. Biasanya pada website sekolah, domain utamanya adalah website profil sekolah. Website PPDB Online biasanya diletakkan pada sub domain website tersebut, maka dari itu tutorial ini saya jelaskan menggunakan sub domain. Berikut adalah cara menguploadnya di cpanel :

1. Login dahulu ke Cpanel, kemudian klik menu subdomains untuk membuat subdomainnya.  cara-install-web-ppdb-online

Gambar 1. Membuat Subdomain

2. Kemudian buat nama subdomain yang anda inginkan, kemudian klik create, tunggu sampai proses selesai. Pada menu ini kita bebas mau menggunakan nama yang bagaimana. Namun jika anda menggunakan sub domain, buatlah nama yang sesuai dengan nama sub domain anda. Misal anda ingin membuat sub domain PPDB, maka dianjurkan buatlah nama sub domainnya “ppdb” agar kita mudah mengingat nama sub domainnya. Disini saya menggunakan nama subdomain “sekolahku”. Pengaturan dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

cara-install-web-ppdb-online

Gambar 2. Membuat Nama Subdomain

3. Setelah selesai membuat nama sub domain, pastikan nama subdomain yang sudah anda buat tadi sudah tampil seperti gambar dibawah ini. Jika belum tampil, silahkan di refresh halaman browser anda. Jika tetap tidak tampil, silahkan buat ulang untuk membuat nama sub domainnya. Jika sudah tampil seperti berikut, maka proses pembuatan sub domain sudah selesai. selanjutnya yaitu membuat databasenya.

cara-install-web-ppdb-online

Gambar 3. Subdomain Berhasil Dibuat

4. Setelah subdomain selesai, selanjutnya adalah membuat nama databasenya dengan cara klik menu MySQL Database di menu Cpanel.

cara-install-web-ppdb-online

Gambar 4. Membuat Database

5. Selanjutnya adalah membuat nama databasenya. Nama database yang akan anda buat nantinya terserah anda mau menggunakan nama yang bagimana, tapi perlu di ingatkan kembali y sobat, bahwa membuat nama dabatase jangan menggunakan spasi, misalnya “sekolah ku” maka nama database tersebut tidak akan bisa di create. Jika anda membuat nama database menggunakan 2 kata, maka sambunglah nama database tersebut, misalnya “smkperjuangan”. Untuk contoh bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

cara-install-web-ppdb-online

Gambar 5. Membuat nama Database

6. Nah setelah proses pembuatan nama database selesai, pastikan nama database yang sudah kita buat tadi tampil di menu MySQL Databases. Jika belum tampil, silahkan di refresh halaman browser anda. Jika tetap tidak tampil juga, silahkan buat ulang untuk membuat nama databasenya. Jika nama database sudah tampil seperti berikut, maka proses pembuatan nama database sudah selesai. Lihat pada gambar dibawah ini.

cara-install-web-ppdb-online

Gambar 6. Berhasil Membuat Nama Database

7. Selanjutnya adalah mengupload file websitenya di subdomain yang sudah kita buat. Caranya Klik Menu File Manager di Cpanel, Kemudian akan tampil seperti dibawah ini, lalu klik Public html & pilih nama subdomain yang sudah kita buat tadi. Upload file website tadi ke dalam subdomain tersebut.

cara-install-web-ppdb-online

Gambar 7. Upload File Website

8. Selanjutnya upload file websitenya dengan cara klik menu select file, pilih file yang akan di upload, lalu upload & tunggu hingga proses selesai dan berwarna hijau. Artinya file web sudah berhasil terupload. Ingat ya sobat, file yang diupload itu harus berekstensi zip atau rar. Upload file masih dalam bentuk folder tidak akan bisa terupload, maka jika file kamu masih folder, silahkan di compress dahulu menjadi zip atau rar.

Gambar 8. Proses Upload File Website

9. Selanjutnya adalah exstract file yang sudah terupload. Caraya klik kanan pada file zip yang sudah terupload, kemudian klik Extract di subdomain yang sudah kita buat. Ekstract ini berfungsi untuk mengeluarkan semua file yang kita upload tadi dalam bentuk zip atau rar. Lihat gambar dibawah ini

Gambar 9. Extract File Website di Subdomain

10. Pastikan file yang sudah di extract tampil seperti gambar berikut. Jika belum, silahkan diulangi untuk memindahkan filenya agar tampil seperti gambar dibawah ini.

Gambar 10. Hasil Extract File

11. Jika file website sudah kita masukan, selanjutnya kita ubah file database.php. Buka file database.php pada file website tersebut. Lokasinya ada di folder application—> config—> pilih file database.php. Yang diisi adalah username, password, database. Username isi dengan localhost. Kemudian password di isi dengan password pada cpanel anda. Namun jika anda menggunakan localhost, sesuaikan password yang anda buat, atau terkadang jika di localhost, password tidak ada. Jika memang tidak ada, maka pada isian password kosongkan saja. Lalu untuk nama databasenya, masukan nama database yang sudah kita buat tadi. Tadi saya membuat nama databasenya “sekolahku”, maka ketikkan nama database tersebut. Bagi yang menggunakan Cpanel, biasanya sebalum nama database yang kita buat tadi akan secara custom muncul dengan nama username cpanel kita, misalnya kita tadi membuat database dengan nama sekolahku. Username cpanel anda misalnya wat512, maka nanti secara otomatis nama database yang akan muncul yaitu wat512_sekolahku. Maka nama itulah yang kita masukan di nama databasenya.

Gambar 11. Proses Ganti File Database.php

 

12. Yang terakhir pada proses mengupload web ini adalah mengupload file database dengan cara klik menu PhpMyadmin di Cpanel, lalu cari nama database yang sudah kita buat tadi, dan upload file databasenya dengan cara pilih Choose File, cari file yang akan di upload, jika sudah ketemu klik open,  lalu pilih Go di bagian bawah. Tunggu hingga proses selesai.

Gambar 12. Proses Import Database

13. Jika semua proses diatas sudah berhasil kita lakukan, maka kemungkinan besar web kita sudah tampil. caranya yaitu coba cek kunjungi web yang kita buat tadi. Jika tampilan seperti gambar dibawah ini, maka proses upload web sudah selesai dan berhasil di upload.

 

Bagaimana ? mudah bukan cara mengupload file website ke Cpanel. Jika anda ingin masuk ke halaman admin, tambahkan /login setelah nama web anda di web browser. Misalnya www.sekolahku.webmediautama.com/login. Selanjutnya yaitu tinggal mengkonfig tampilan websitenya. Dengan website ini anda masih bisa mengubah foto, menu, logo dll. Semua masih bisa dikembangkan lagi sesuai kemampuan anda. Jika anda ingin mengedit file website ini, silahkan download Disini untuk panduannya.

Demikianlah Cara Install Web PPDB Online. Jika ada yang ingin bertanya silahkan boleh di comment, atau kunjungi toko kami di Tokopedia dan Bukalapak.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

error: Content is protected !!